Pages

Selasa, 10 Januari 2012

Resolusi 2012, Menatap 5 Bulan dan 5 tahun kedepan, , ,


Ade Suyitno
Pendiri Indonesian Creative Youth (ICY)
dan Sekolah Alam Kreatif (Creative Nature School) Bandung
085659932860
FB : Ade Suyitno Adeno. TWTR : @adeno.




Telat ya kayaY, , , membuat tulisan ini sedangkn 2012 udah bergulir, , , entah kenapa saya tertarik akan pembahasan ini setelah mendengar dalm Khutbah Jumat kmaren, , , , meskipun di gosipkan tahun ini adalah akhir jaman dan akhir peradaban manusia Ade sebagai pribadi sih tetap membuat rencana2 jabgka pendk dan mennegah tentang apa-apa yang akan di raih dalam jangka waktu tertentu dalam sebuah tulisan dan maind map yang akan menjadi acuan biar ga bingung gitu saat melangkah, , , Ok kita langsung aja, , ,

Setiap tahun baru selalu saja ramai entah di media hingga jejaring sosial dengan kata “Resolusi” atau mungkin pembenahan rencana, strategi juga doa dan cita-cita di Tahun Baru. Sebenarnya apa sih Resolusi itu? Kok seperti sesuatu yang menjadi keharusan bagi sebagian orang untuk membuatnya.


Resolusi ialah ketetapan hati. Itu adalah kebulatan tekat untuk mengambil sikap, melakukan tindakan, serta menunjukkan perilaku baru yang berbeda dengan yang sudah-sudah. Lazimnya yang baru ini lebih baik daripada yang dulu.

Sesering mungkin melakukan afirmasi sebagai berikut: ”Saya memiliki tujuan, saya jelas tentang apa yang saya lakukan dan mengapa saya melakukannya, saya berkonsentrasi pada apa yang paling penting. Dengan bantuan Tuhan, saya dapat menyelesaikan hal- hal besar” (Linda K Popov, 1997).


Tanda-tanda keberhasilan bahwa resolusi kita bertujuan adalah:

- jika kita punya visi yang jelas mengenai apa yang ingin kita capai

- kita tahu persis mengapa kita ingin mencapainya

- kita mengonsentrasikan upaya-upaya kita pada hasil akhir

- menjaga diri dari gangguan dan pengalihan perhatian

- melakukan satu hal dalam satu waktu dan menyelesaikan dulu hal yang sudah kita mulai itu

- kembali ke tujuan semula jika kita sudah agak menyimpang

- bertahan terus sampai kita mendapat hasilnya.

Selamat beresolusi yang bertujuan pada tahun 2012, semoga sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar