Pages

Jumat, 14 Maret 2014

Wisdom English Saung Rintisan Kampung Inggris Bandung



Tantangan global semakin hebat dan batas-batas interaksi antar orang dan antar negara semakin tinggi ditambah ASEAN Community 2015 menjadikan aktivitas internasional menjadi hal biasa.  Optimalisasi potensi global akan diperoleh oleh orang-orang yang bisa berkomunikasi dan bersahabat secara internasional. Bahasa Inggris adalah kuncinya baik untuk praktisi, akademisi dan mahasiswa/siswa.



Studi kasus di Thailand ada 15 desa bahasa. Dimana bahasa Inggris, Indonesia dan Mandarin yang paling banyak diplajari menuju AEC 2015. Saat kita lihat di Indonesia, konsep kampung inggris baru ada di “Pare-Kediri” dengan konsep “English Village” dan pemberdayaan masyarakat yang terkenal dengan harga yang sangat terjangkau baik biaya hidup dan program bahasa inggrisnya.

Sedangkan di berbagai tempat lain kebanyakan menggunakan konsep bimbel bahasa inggris profesional yang mempunyai konsep ekslusif dan mahal dalam berbahasa. Akibatnya banyak masyarakat menganggap belajar bahasa inggris itu sangat mahal dan memberatkan.
Kampung Inggris di Pare Kediri ada 100 lebih lembaga kursus bahasa dan tidak kurang setiap bulan ada 15000 pemuda/i dr seluruh Indonesia datang dan blajar bahasa di sana. Hal ini memberika multiplier effect bagi seluruh lapisan masyarakat di berbagai bidang kehidupan teruatam sosial, ekonomi dan pendidikan.

Penulis sudah 3 bulan belajar bahasa inggris disana. Hemat penulis sudah saatnya di setiap kota/ kabupaten mempunyai kampung inggris untuk menjawab tantangan global. Berkenaan dengan hal mulai muncul cikal bakal kampung inggris di Bandung melalui “Wisdom English – Saung Inggris Bandung” yang kini benihnya sudah berjalan 3 bulan di Panorama Bandung. Daerah Geger Arum – Cidadap samping kampus Universitas Pendidikan Indonesia.

Wisdom English – Saung Inggris Bandung membuka program Active Speaking, TOEFL Preparation, Public Speaking, Job/Academic Interview. Keunggulan Wisdom English di Bandung pembelajarannya berbasis masyarakat, jam belajar yang tinggi, mendatangkan native AS/UK setiap minggu dan tentunya dengan harga terjangkau. Sebagai gambaran program Active Speaking stage 1 selama dua minggu (8 kali pertemuan kelas/12 jam) peserta hanya membayar 50,000,-.
Berdasarkan hasil interview dengan Pendiri “Wisdom English – Saung Inggris Bandung” Adeino, bahwa spirit utama mendirikan saung Wisdom English adalah supaya bahasa inggris itu murah dan untuk semua kalangan baik kaya ataupun yang kurang berada. Harapannya dengan bekal berbahasa internasional yang baik masa depan generasi muda akan lebih baik dimasa depan yang penuh dengan tantangan international.
Keunikan berikutnya adalah tagline “Wisdom English – Saung Inggris Bandung” adalah
International Language Academy with Local Wisdom Understanding. Maknanya walaupun kita akan mendapatkan kompetensi berbahasa internasional generasi muda tidak melupakan kearifan lokal daerahnya. Hal ini tercermin dengan kegiatan mingguan anak-anak sekitar tempat kursus diberikan kelas gratis bahasa inggris dengan syarat memakai batik atau pakaian sunda dan kontain kegiatan belajar bahasa inggrisnya juga diisi dengan konteks, games dan percakapan berdasarkan nilai-nilai lokal.



Info Lengkap :
Wisdom English - Saung Kampung Inggris Bandung
International Language Academy (ILA) with Local Wisdom Understanding
Office : Jl. K.Abdul Hamid No.108c Panorama 4. Sebrang gerbang UPI dekat dengan Gerbang SCAPA AD dan Mesjid Al-Hikmah
CP : 085659932860

http://wisdomenglishvillage.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar