Pages

Sabtu, 06 Juni 2015

Strategi Lolos Beasisiswa LPDP 2015


"TIPS DARI SEORANG REVIEWER LPDP"
TAHAPAN BEASISWA
Tahapan I: Penilaian Kelengkapan Administrasi
Dalam tahapan ini, data isian & file dokumen kamu akan diperiksa LPDP terkait :
a.Kelengkapan dokumen
b.Pemastian informasi kepada peserta (lengkap atau tidak lengkap)
c.Memenuhi syarat/tidak
Dokumen aplikasi yang lengkap & memenuhi syarat selanjutnya di distribusikan ke reviewer secara online untuk di nilai


Tahapan II: Penilaian Dokumen
Dalam tahapan ini, isian form dan file dokumen yang telah kamu isi & upload di sistem online LPDP akan dinilai oleh Reviewer LPDP melalui sistem online dengan komponen penilaian meliputi:
- Akreditasi Program Studi oleh BAN-PT (mengingat belum meratanya kualitas PT di Jawa dan di luar Jawa, penilaian dalam poin ini bersifat relatif).
- Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) peserta.
- Skor TOEFL (atau skor lainnya yang setara), termasuk lembaga yang mengeluarkan skor TOEFL. Untuk beasiswa studi Magister/Doktor, skor TOEFL ini tidak lagi menjadi pertimbangan apabila pelamar telah dapat menunjukkan Surat Penerimaan (Letter of Acceptance/Offer) dari universitas tujuan.
- Kepemimpinan
- Potensi Untuk Berkembang/ Maju
- Kegiatan Sosial Masyarakat
- Idealisme dan Nasionalisme

Semua pelamar yang nilainya memenuhi nilai minimum, pasti akan diundang LPDP untuk mengikuti tahap ke seleksi wawancara. Pengumuman disampaikan di website lpdp dan email pemberitahuan langsung ke peserta, jadi jangan males untuk ngecheck email dan update website LPDP pada tanggal pengumuman seleksi ya!


Tahapan III: Tahapan Seleksi Wawancara
Setiap Peserta akan diwawancara oleh 2 orang Interviewer dari Bidang Keilmuan terkait (rata-rata bergelar profesor, minimal bergelar Dr) dan 1 orang Psikolog. Tujuan dari session interview ini adalah mengkonfirmasi secara detail data diri dan rencana studi kamu termasuk value-value yang kamu ceritakan dalam tulisan essay kamu.

Kedua interviewer dari Bidang Keilmuan terkait biasanya akan menggali lebih dalam rencana studi, detail proposal penelitian, hingga penguasaan ilmu terkait dengan rencana studi/penelitian yang kamu mintai dana. Sedangkan psikolog focus melihat aspek kejiwaan, kepribadian, dan potensi-potensi yang kamu miliki untuk berhasil dalam studi/penelitian dan menjadi agen perubahan seusai studi/penelitian. Lewat pertanyaan-pertanyaan yang saling mengkonfirmasi dari ketiga Interviewers dan file data yang telah dimilikinya, umumnya kelebihan-kelebihan dan kekurangan dari pelamar biasanya dapat kami ketahui. Pun, beberapa pelamar yang berbohong, berpura-pura, hingga memalsukan data biasanya akan dapat kami ketahui

Nilai dari ketiga interviewer akan dihitung dan dikonfirmasikan dengan nilai dokumen aplikasi.
Proses wawancara ini umumnya dilakukan dengan cara Tatap Muka Langsung atau apabila pelamar sedang berada di luar negeri dilakukan Teleconference.


TIPS LOLOS BEASISWA LPDP:
1. Pastikan kamu memenuhi & mengirimkan semua syarat & berkas administrasi yang diminta. Jika terdapat syarat yang belum terpenuhi, usahakan mencari/memenuhinya terlebih dahulu. Untuk syarat nilai TOEFL, jika kamu benar-benar mentok nggak bisa mencapai angka 550 maka beberapa alternatif strategi adalah mencari program studi di negara Non-English speaking countries dan/atau mencari Letter of Acceptance -nya dahulu Usahakan memilih Bidang Studi & Perguruan Tinggi tujuan yang diutamakan oleh LPDP (dapat kamu temukan di sistem pendaftaran online LPDP).
2. Gali dan kembangkan pengalaman kerja, organisasi, maupun karakter-karakter diri kamu yang mampu membuktikan jiwa/potensi kepemimpinan kamu, pada level apapun. Jangan remehkan pengalaman berorganisasi kamu di kampung, OSIS, atau bisnis keluarga kamu. Sesederhana apapun pengalaman kamu dan sekecil apapun lingkup lingkungan kamu, tuliskan dan yakinkan bahwa kamu adalah seorang “Pemimpin”.
3. Gali dan ajukan topik-topik penelitian atau rencana studi yang strategis bagi kepentingan orang banyak (bukan hanya sekedar kepentingan ambisi studi pribadi kamu), inovatif, implementatif, bahkan usahakan gali sisi kepentingan penelitian atau rencana studi kamu bagi kepentingan nasional Indonesia.
4. Jangan sekali-kali berbohong atau memalsukan data, karena kepribadian kamu khususnya integritas diri kamu juga faktor utama penentu Interviewer meloloskan aplikasi beasiswa kamu.
5. Untuk beasiswa Tesis/Disertasi buatlah Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang detail, jelas, & masuk akal (jangan model ‘glondongan’). Semua item rencana pengeluaran harus dapat dijelaskan. Biasanya kami, para Interviewer akan menanyakan setiap item dan diberikan kewenangan mengusulkan berapa usulan total bantuan dana sebenarnya berdasarkan penjelasan dari dari pelamar. Total besar dana yang diminta juga tidak boleh melebihi batas, silahkan lihat di sistem aplikasi online LPDP tentang besar maksimal anggaran, yang jelas dibedakan antara penelitian Lab dan non-Lab.
6. Jangan lupa ikhtiar Non-Fisik: Shodaqoh, sholat, doa, dll. Kalau mau coba doa-doa atau amalan makbul beasiswa bisa juga baca buku saya “Step-by-Step Sukses Meraih Beasiswa dengan IPK Rendah”
Demikian sekedar meneruskan info & tips memperoleh beasiswa LPDP, dengan harapan semakin banyak anak-anak bangsa yang mampu mewujudkan cita-cita pendidikannya, mampu menyelesaikan penelitiannya, dan mampu menjadi agent of change pembangunan di seluruh pelosok tanah air.

1 komentar: