Pages

Minggu, 17 November 2013

Kenapa Belajar Bahasa Inggris Harus Ke PARE - KEDIRI ???

Kenapa Belajar Bahasa Inggris Harus Ke PARE - KEDIRI ???




Hal itu mungkin menjadi pertanyaan lumrah tentang kampung b.inggris Pare. Pasalnya sejak saya awal kuliah daerah ini cukup akrab di telinga saya apalagi berkaitan dengan tempat belajar bahasa inggris dan saat liburan kuliah tiba. Pare yang saya maksud adalah daerah di Jawa Timur dan ada daerah yang terkenal di Indonesia bernama Pare-Pare di Sulawesi.


Kampung Inggris pare ini tepatnya di Desa Tulung Rejo, Pare - Kediri. Sebuah kota kecamatan di kabupaten Kediri. Posisinya di antara Blitar, Malang, kota Kediri, Jombang dan Kertosono. Sebuah daerah subur dekat lereng gunung Kelud. Pare ini dikenal lumbung beras, lombok, bawang merah dan sayur-sayuran. Dari Pare dikirim ke kota-kota besar di Jawa bahkan luar Jawa.

Pada tahun 2013 ini ada 115an lebih lembaga kursus professional bahasa dan mayoritasnya adalah bahasa inggris. Secara umum pendidikan bahasa di pare sama dengan di berbagai tempat lainnya di Indonesai. 



Keunikan saat belajar di kampung inggris pare kediri adalah
  • Camp dengan Englis Area (Wajib Ngomong Bahasa Inggris Sehari-hari)
  • Program Study Club : Belajar MC, Presentasi, Drama dan Debat dengan Bahasa Inggris setiap sore dan pagi (di Luar jadwal Course)
  • Frekuensi Pertemuan Belajar. Inilah sesungguhnya keungggulan yang sangat penting di banding tempat kursus lainnya diluar pare. Misalnya saat saya mengikuti Pre TOEFL di Language Center bandung saya bayar 300ribu/bulan untuk 2 kali pertemuan/ minggu (Setiap pertemuan hanya 1,5 jam) dan di lembaga-lembaga kursus bahasa di pare dengan biaya yang sama rata-rata dengan pertemuan : 4 hari Semingggu dengan perhari minimal 3 kali pertemuan (jam belajar 1,5 jam).
    Pada hal ini terlihat dengan biaya yang sama di pare kita mendapatlan 10 kali lipat jam belajar.
  • Suasana Kampung Inggris yang mendukung dan selalu ramai dikunjungi pemuda pemudi seluruh Indonesia.
  • Pengajar Professional yang berpengalaman dan banyak yang sudah sarjana/master. Ada juga beberapa lulusan SMA sebagai pengajar namun tetap sangat professional.
  • Biaya Program Murah. Program untuk satu bulan rata-rata 200ribu-350ribu dan Program untuk 2 Minggu rata-rata 50ribu-125ribu
  • Biaya Camp Murah. Biaya kost untuk di warga rata-rata 150ribu-250ribu/ bulan. Sedangkan untuk yang mau Camp di tempat kursus rata-rata 300ribu/bulan
  • Akses yang mudah.


Ini salah satu rute yang dapat diambil menuju ke pare berdasarkan info kampung-inggris.com dan pengalaman saya pribadi dari Bandung dengan Kerat Api :


DARI JAKARTA
Ada tiga alternatif menuju Kampung Inggris dari Jakarta. Pertama adalah kereta Api. Pilihlah kereta api yang melewati Stasiun Kediri. Dari Jakarta, ada empat kereta yang melewati Stasiun Kediri. Ada Kereta Api Gajayana,kelas eksekutif, Kereta Api Majapahit, Kelas Ekonomi AC, Kereta Api Brantas , Kelas Ekonomi Reguler, Kereta Api MatarMaja, Kelas Ekonomi Reguler.


DARI BANDUNG
Ada dua kereta yang berangkat dari stasiun Bandung dan Melewati Stasiun Kediri. Semua kereta yang dari Bandung melewati Jalur Selatan, yaitu bandung – Yogya – Solo Kediri. Bagi Kamu yang berdomisili di daerah tersebut, bisa menaiki kereta ini. Ada  Kereta Api Malabar, Kelas Eksekutif, Ekonomi AC dan Ekonomi Reguler, Kereta Api Kahuripan, Kelas Ekonomi Reguler.


SETELAH TIBA DI STASIUN KEDIRI
Setiba di Stasiun Kediri, kamu akan keluar. Dari stasiun, tidak ada angkutan langsung menuju ke Kampung Inggris. Kamu harus naik becak terlebih dahulu ke Kantor Pos Kediri. Di luar, banyak tukang becak yang menawarkan “Kampung Ingris Pare, Kampung Inggris Pare.” Silakan pilih salah satu. Biaya maksimal adalah Rp.10.000,- . Perjalanan naik becak sekitar 5 – 10 menit.


Setiba di kantor pos, kamu bisa memilih angkutan ke pare. Yang paling ideal adalah naik angkot P (kode dari Angkot Pare). Biasanya lewat maksimal setengah jam sekali. Biaya Rp.7000, tapi akan dikenakan biaya tambahan untuk koper kamu. Perjalanan berkisar 50 menit hingga 1,5 jam. Angkot ini banyak ngetemnya. Para sopir angkot biasanya akan menurunkan kamu di Mahesa, di Jalan Brawijaya. Dari situ, silakan memilih lembaga kursus sesuai preferensi kamu.


Alternatif lain adalah naik bus. Pilihannya adalah Puspa Indah tujuan Malang (bus 3/4, berwarna biru), Harapan Jaya, Jaya Mulya, Hasti dan Surya Indah (tiga bus tersebut adalah bus besar). Sama seperti angkot, bus tersebut juga sering ngetem. Perbedaannya, kamu akan turun di BEC. BEC terletak di ujung, sehingga jika kamu ingin menjangkau elfast, oxford, kamu masih harus berjalan jauh.

1 komentar:

  1. cung,siapa yang mau ke pare bulan januari?

    BalasHapus