Pages

Jumat, 23 Maret 2012

Bandung Kota Kreatif Se- Asia Pasific




Ade Suyitno
Pendiri Indonesian Creative Youth (ICY)
dan Sekolah Alam Kreatif (Creative Nature School) Bandung
085659932860
FB : Ade Suyitno Adeno. TWTR : @adeno.





Bandung Kota Kreatif Se- Asia Pasific
Warga Bandung patut berbangga hati, karena Kota Bandung terpilih dalam 5 besar kota kreatif se-Asia. Hal tersebut berdasarkan sebuah survei yang dilakukan oleh salah satu media di Singapura yakni Channel News Asia pada Desember 2011 lalu.
Demikian dikatakan oleh Ridwan Kamil, ketua Bandung Creative City Forum usai acara peresmian Simpul Space #2 di Jalan Purnawarman No. 70, Bandung. "Kota Bandung sudah dikenal sebagai kota kreatif saat ini sudah diakui secara internasional. Dengan itu kita harus menunjukan sesuatu yang nyata agar menunjukkan bahwa Bandung itu kota kreatif," ujar pria yang akrba disapa Emil ini.
Menurut Emil, Bandung dipilih berdasarkan survey mengenai branding yang dilakukan, pengaruhnya terhadap masyarakat dan tentunya pengaruh terhadap perrtumbuhan ekonomi.

"Sudah saatnya kita menunjukan bahwa kita memang kota kreatif. Tentunya harus didukung oleh semua pihak, terutama pemerintah," ujarnya.
Berita di atas tidaklah berlebihan, bahkan Bandung pantas sebagai kota terkreatif Se-Asia Pasific, karena bandung memiliki semua bidang garapan industri kreatif di kotanya mulai dari collage, jasa periklanan, arsitektur, pasar barang seni, kerajinan, desain, fesyen, film, video dan fotografi, permainan interaktif (games), musik, seni pertunjukan, penerbitan dan percetakan, layanan komputer & piranti lunak, tv & radio serta riset dan pengembangan.
Sebagai kota yang dihuni sekitar 60 persen kalangan muda berusia di bawah 40 tahun dan tempat berkembangnya banyak peguruan ti nggi, industri kreatif di Kota Bandung bertumbuh pesat. Melihat potensi industri kreatif Bandung yang menjanjikan, British Council menunjuk Kota Bandung sebagai salah satu kota kreatif di wilayah Asia Pasific.

Dalam rangka memperkenalkan industri kreatif Bandung di dunia internasional, Pemerintah Kota Bandung bekerjasama dengan British Council, Bandung Creative City Forum, serta Forum Event Bandung di sepanjang bulan Agustus akan menyelenggarakan Helar Festival, Bandung Creative Month yang terdiri dari 25 acara kreatif bertaraf internasional. Demikian diungkapkan aktivis Bandung Creative City Ridwan Kamil, Selasa (27/5) di Bandung.
Dalam acara tersebut, berbagai acara kreatif akan diselenggarakan, antara lain pameran karya seni rupa, open house galeri, pameran distro, opera di hutan, serta pameran galeri barang bekas di bawah jembatan, ungkap Ridwan.
Programmer dan Public Relation Eksternal Forum Event Bandung Wawan Djuanda menambahkan, berbagai pelaku bisnis kreatif dari berbagai negara, seperti Taiwan, Thailand, Singapura, India, Inggris, dan Australia akan turus serta dalam acara tersebut. Dengan acara ini, Kota Bandung diharapkan memiliki jaringan bisnis ekonomi kreatif dengan berbagai kota-kota penghasil industri
Sumber :
Wow! Bandung Masuk 5 Besar Kota Kreatif se-Asia
Avitia Nurmatari – detikBandung
http://bandung.detik.com/read/2012/02/25/225236/1851557/486/wow-bandung-masuk-5-besar-kota-kreatif-se-asia
http://nasional.kompas.com/read/2008/05/27/20160710/bandung.kota.kreatif.di.asia.pasifik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar