Pages

Rabu, 28 Maret 2012

GAGASAN FACEBOOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA



GAGASAN FACEBOOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR  PADA MAHASISWA FAKULTAS PENDIDIKAN EKONOMI DAN BISNIS (FPEB) UPI

 
0906576     Ade Suyitno  0900659    Lindawati
Di Presentasikan dalam Final Karya Tulis Ilmiah Tingkat Prodi P.EKonomi


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI DAN KOPERASI
FAKULTAS PENDIDIKAN EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
2010




Artikel Menraik Berikutnya :

FACEBOOK SEBAGAI MEDIA KREATIF E-LEARNING UNTUK DISTANCE LEARNING DI ERA GLOBAL Di Presentasikan di BPU DINAMIK7 UPI dalam Lomba Artikel Ilmiah SE-JABAR & DKI 2012

http://ade-suyitno.blogspot.com/2012/03/facebook-sebagai-media-kreatif-e.html




RINGKASAN MATERI/ ABSTRAK

GAGASAN FACEBOOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR  PADA MAHASISWA FAKULTAS PENDIDIKAN EKONOMI DAN BISNIS (FPEB) UPI

 

Dalam karya ilmiah  ini, kami membahas gambaran fenomena penggunaan facebook, pengaruhnya dan bagaimana menggunakan facebook sebagai media pembelajaran yang akan meningkatkan motivasi belajar pada mahasiswa FPEB Metode penelitian yang kami gunakan adalah metode lapangan, yaitu dengan menggunakan angket.  Selain itu, kami juga menggunakan metode kepustakaan untuk dijadikan rujukan dalam penulisan makalah ini.  Objek penelitian dalam makalah ini adalah pengguna facebook pada mahasiswa FPEB.  Dari hasil penelitian kami, Kesadaran pengguna facebook sebagai media pemblajaran  untuk meningkatkan motivasi balajar pada mahasiswa FPEB  masih kurang padahal banyaknya pengguna facebook di kalangan mahasiswa dengan durasi dan frekuensi penggunaan facebook cukup tinggi.
 
PENDAHULUAN

Di era globalisasi dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih, penyebaran  informasi serta akses telekomunikasi dan transportasi semakin lebih cepat dan mudah. Tidak dapat dipungkiri hal tersebut baik secara langsung maupun tidak langsung mempunyai dampak bagi masyarakat, baik itu berdampak positif ataupun negatif.  Dampaknya pun tidak terbatas terhadap kalangan  tertentu saja, namun  telah  meluas ke semua kalangan baik kalangan terpelajar maupun bukan kalangan terpelajar.
Internet merupakan salah satu hasil dari kecanggihan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi buatan manusia. Internet adalah singkatan dari Interconnected Networking yang apabila diartikan dalam bahasa Indonesia berarti rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian jaringan. Fungsi internet bermacam-macam, dan salah satunya adalah sebagai tempat komunitas jejaring sosial dunia maya. Jejaring sosial merupakan suatu layanan dari sebuah cakupan sistem software internet yang memungkinkan penggunanya dapat berinteraksi dan berbagi data dengan pengguna yang lain dalam skala yang besar.
Situs jejaring sosial di internet bermacam-macam jenis dan bentuknya, namun yang paling dikenal dan banyak digandrungi remaja jaman sekarang adalah facebook, friendster, My Space dan twitter. Akhir-akhir ini banyak dijumpai pemberitaan di media cetak dan elektronik yang memberitakan tentang penyalahgunaan situs jejaring sosial. Beberapa berita yang paling hangat adalah kasus seorang anak remaja laki-laki yang membawa kabur seorang anak remaja perempuan yang dikenal lewat situs jejaring sosial (facebook), dan penggunaan situs jejaring sosial (facebook) sebagai ajang prostitusi di kalangan remaja. Keadaan ini sungguh sangat ironis dengan tujuan utama situs jejaring sosial itu dibuat, yakni untuk memperluas hubungan sosial.
Yang paling menghawatirkan adalah bahwa pada era teknologi dan globalisasi seperti sekarang ini, telepon seluler yang dulunya hanya berfungsi sebagai alat penerima dan pemanggil jarak jauh, kini dapat digunakan untuk mengakses internet dan situs jejaring sosial ( facebook mobile ). Jadi mahasiswa tidak perlu lagi ke warnet untuk mengakses situs pertemanan, melainkan dapat mengaksesnya langsung di telepon seluler mereka dimanapun dan kapanpun. Hal ini semakin menambah banyak kasus penyalahgunaan situs jejaring sosial untuk hal yang tidak sesuai dengan aturan contohnya saja adanya mahasiswa yang membuka facebook saat jam perkuliahan dan membuka facebook di waktu –waktu belajar efektifnya di rumah.
Tidak hanya kehidupan umum saja yang terkena dampak dari situs jejaring sosial, namun pengaruhnya mulai dirasakan dalam dunia pendidikan. Dampak terburuk dalam dunia pendidikan yang mungkin dihasilkan dari situs jejaring sosial adalah mulai menurunnya waktu belajar mahasiswa. Belajar  adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh mahasiswa demi mencapai prestasi belajar yang diingingkan.
Hal inilah yang melatarbelakangi kami sebagai penulis untuk memberikan sebuah gagasan tentang PENGGUNAAN FACEBOOK UNTUK MENINGKATKAN  MOTIVASI  BELAJAR PADA  MAHASISWA FPEB.

PEMBAHASAN

Dari data yang kami peroleh, seluruh responden 60 orang adalah pengguna facebook dan  80%  diantaranya   atau sekitar 48 orang  adalah pengguna facebook mobile yang di mana aplikasi facebook mobile tersebut ada di dalam ponselnya.
Dari jumlah tersebut 35% pengguna atau 21 pengguna sudah mulai  menggunakan facebook sebagai media pemblajaran dan  merasakan manfaatnya di mana  dalam facebook mereka dapat sharing mengenai suatu fenomena atau kasus dalam perkuliahan , sebagai sarana untuk menambah wawasan  dan untuk   mencari beasiswa.  Sisanya 65% mahasiswa atau sekitar 39 orang menggunakan Facebook hanya sebagai sarana jejaring sosial menambah pertemanan di dunia maya, ajang narsis, bermain games FB, bermain aplikasi atau hanya sekedar update status dan kommentar. Namun ironisnya pengguna Facbook aktif adalah yang menggunakan facebook sebaga jejaring sosial saja dan pada akhirnya mereka menjadi Facebook addict dengan frekuensi membuka  facebook sebanyak 6 kali sehari dengan rata-rata setiap kali membuka facebook adalah 17 menit. Bisa di bayangkan 102 menit waktu  terbuang sia - sia perhari dan mereka tidak menyadari itu karna terlalu asyik menikmati setiap fasilitas yang sangat banyak dan variatf di facebook.
Dalam hasil angket juga sebanyak 80% mahasisswa fpeb atau sekitar 48 orang sering mempergunakan facebook dalam saat jam perkuliahan di karnakan mata kuliah dan cara mengajar dosennya yang membosankan dan 3% dengan alasan kebiasaan dan 73% atau sekitar 44 orang sering membuka facebook dalam jam belajar aktif mereka di rumah di karnakan jenuh dalam belajar. Hali ini secara perlahan akan mengurangi motivasi mahasiswa dalam belajar karna dalam waktu belajarnya ada sesuatu yang mengalihkan dan lebih menarik daripada belajar yaitu facebook, menurut Abin Syamsuddin Makmun (2003) Dalam konteks studi psikologi, mengemukakan bahwa untuk memahami motivasi individu dapat dilihat dari beberapa indikator, diantaranya: (1) durasi kegiatan; (2) frekuensi kegiatan; (3) persistensi pada kegiatan; (4) ketabahan, keuletan dan kemampuan dalam mengahadapi rintangan dan kesulitan; (5) devosi dan pengorbanan untuk mencapai tujuan. Dan di karnakan facebook adanya waktu produktif yang terbuang karna frekuensi rata-rata mahasiswa membuka facebook 6 kali sehari, di mana diantara waktu tersebut termasuk dalam waktu-waktu belajar dan berkurangnya durasi belajar.
Pada kenyataannya dari hasil angket rata-rata mahasiswa membuka facebook 6 kali sehari dan  setiap kali membuka  facebook adalah 17 menit. Semua hal itu sudah menjadi rutinitas keseharian, Mengenai hal ini  Menurut  teori Teori Alderfer  fenomene facebook addict bisa di jelaskan dengan teori akronim “ERG” . Akronim “ERG” dalam teori Alderfer merupakan huruf-huruf pertama dari tiga istilah yaitu : E = Existence (kebutuhan akan eksistensi), di mana pengguna facebook yang sudah keseringan menggunakan facebook dalam kurun waktu tertentu akan menjadi kebutuhan yang harus di penuhi dan selain itu juga adanya rasa akan eksistensi pada penggunaan facebook terhadap pengguna lainnya.  R = Relatedness (kebutuhan untuk berhubungan dengan pihak lain), dan G = Growth (kebutuhan akan pertumbuhan).  hal iutlah yang sadar atau tidak yang menjadi salah satu alasan banyak mahasiswa kecanduan Facebook,menurut Byron Reeves dan Clifford Nassdalam  Media Equation Theory  salah satu efek media massa dalam hal ini jejaring sosial facebook adalah akan menimbulkan Efek Behavior pada pengguna yang terlalu sering menggunakannya, Efek ini merupakan akibat yang timbul pada diri khalayak dalam bentuk perilaku, tindakan, atau kegiatan dalam rutinitas.
Dari dampak diatas kita tidak bisa langsung meengarahkan para facebook addict untuk berhenti bermain facebook seperti yang di katakana oleh Dr. Hedi Pudjosantoso, sosiolog FISIP Undip mengatakan,dalam FISIP Online News secara sederhana fenomena Facebook dapat dijelaskan melalui teori Cultural Studies. Teori ini memberikan pemahaman bahwa setiap era (age) mempunyai ”kebudayaan” yang berbeda. ”Kebudayaan” jaman sekarang adalah kemajuan teknologi, Facebook salah satunya. Dan hal itu tidak bisa di hentikan kecuali keadaan jaman yang akan merubahnya. tapi sebenarnya kita bisa merubahnya menjadi sebuah kegiatan dalam facebook yang bermanfaat yaitu senagai media pemblajaran, karna facebook juga memenuhi syarat sebagai media pemblajaran e-learning . Secara fungsi e-learning, facebook berfungsi sebagai pendukung proses pembelajaran bagi peserta didik yang dapat meminimalkan kendala waktu, jarak/ ruang dan secara tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran pada peserta didik dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikas sebagai media yang dekat dengan mahasiswa.
Di bawah ini fitur-fitur facebook yang dapat di gunakan sebagai media pemblajaran :
1.        Facebook Group
Dalam hal ini setiap pengguna facebook dapat mempergunakan ,membuat dan bergabung pada sebuah group, tentunya dalam hal ini group facebook dalam kajian-kajian keilmuan, studi club, dan communitas mahasiswa. Kita dapat ilmu yang banyak lewat pertemuan kajian pada group facebook lewat pertukara informasi antar anggota dalam forum diskusi group tersebut.
Cara bergabung dalam sebuah group
1)  Kita mempunyai akun facebook, 2) log in pada akun facebook anda,  3) pada tool search di tampilan facebook kita ketik dan cari nama group yang kita inginkan misal grup “SCIEMICS UPI”, Sciemics adalah goup studi community of islamic economics, 4) setelah muncul ke tampilan grup sciemics kita klik GABUNG pada tampilan di tengah atas grup tersebut, setelah di klik secara otomatis kita sudah tergabung dalam Group kajian sciemics dan bisa Share, Komment, Ngobrol lewat fitur chat, dan bisa diskusi dalam forum diskusi yang ada dalam grup tersebut.
Cara membuat group
1) Kita mempunyai akun facebook, 2) log in pada akun facebook anda, setelah masuk pada beranda facbook cari dan klik icon “Buat Group”, 3)Setelah itu muncul tampilan registrasi group yang harus di isi dengan lengkap seperti contoh : Nama Group : KAEKAN (Kajian Ekonomi Akhir PeKAN), Status anggota ; Umum, Privasi group : terbuka,  setelah itu di kasih foto pada profil group sebagai identitas di lanjutkan dengan sunting goup dan sunting pengaturan untuk di isis sesuai dengan tujuan group, 4) setelah registrasi selesai undang teman-teman pengguna facebook untuk bergabung dalam guop kajian kita, Cara mengundang pengguna facebook lain  adalah pada kolom bawah tampilan ada icon Undang teman/Invite your friend, setelah di klik akan muncul teman-teman facebook lalu kita pilih satu-persatu atau sekaligus semuanya dan untuk menarik langsung kita isi kolom forum diskusi dengan tulisan atau artikel menarik untuk di diskusikan.
2.        Facebook Share
Facebook Share/tautan, merupakan fitur dasar di facebook. Fitur ini pastinya juga bisa digunakan sebagai sarana untuk membantu pembelajaran. Siapapun bisa men-share apapun (tulisan singkat, link, gambar, video dsb) ke semua teman-temannya. Dengan fitur ini mahasiswa dapat mencari situs-situs atau gambar-gambar yang berhubungan dengan pembelajaran mahasiswa, kemudian di share di facebook untuk seterusnya mudah diakses , sehingga memberi kemudahan pada pengguna facebook lain untuk mengakses link yang ada pada tautan kita dan mahasiswa mempunyai panduan dalam mencari materi di internet, dengan share ini juga dosen bisa menugaskan mahasiswa untuk memberikan analisis, kritik atau komentar terhadap fenomena sosial yang berada di dalam share/tautan tersebut.
Cara membuat tautan/ share pada facebook
1) Kita mempunyai akun facebook, 2) log in pada akun facebook anda, setelah itu kita cari artikel atau jurnal yang ada pada internet melalui aplikasi google setelah ketemu topik yang diinginkan  misal mengenai “Redenominasi” dengan alamat http:/ pancallok.blogspot.com/2010/.../apa-itu-redenominasi-rupiah.html.  3) Kemudian kita copy alamat blog , dan masukan alamat blog tadi pada beranda di kolom “apa yang anda pikirkan” yang terletak pada tengah atas tampilan beranda facebook.-setelah di paste kita klik “Bagikan”.-lalu secara otomatis pengguna facebook lain yang sedang online dapat mengetahui tautan kita mengenai redenominasi beserta alat blognya.
3.        Fiture Chat
Chat adalah salah satu fitur yang paling di sukai pengguna facebook dimana kita bisa berinteraksi ngobrol langsung dengan sesame pengguna facebook yang telah menjadi teman kita. Dalam fitur ini sebenarnya bisa menjadi fitur yang sangat berguna bagi mahasisawa dari pada sekedar ajang curhat, basa-basi, dan gossip yaitu sebagai media sharing.
Dalam hal ini kita bisa mensharingkan apa saja mengenai pelajaran misalnya baik dengan teman akrab, teman jauh, teman dalam negri dan bahkan teman yang berada di luar negri.
Seperti apa yang penulis sering praktikan adalah sharing tentang kebudayaan dan ekonomi dengan salah satu mahasiswa cambrige university meskipun saya tidak fasih berbahasa inggris. Caranya adalah ;
-            Kita mempunyai akun facebook, - log in pada akun facebook anda, - pada tool search di tampilan facebook kita ketik dan cari nama  teman luar negri lewat group - group facebook yang tentang universitas dunia. Misalnya Harvard University, Cambride University, oxford University dll. Setelah itu kita pilih anggota group tersebut sesuai dengan kebutuhan kita sebagai contoh kita kirim pertemenana dengan beberapa mahasiswa yang dari fakultas ekonomi dari universitas dunia tersebut.
-            Saat Kita sudah di komfifm pertemanan kita kirim message kedia untuk janjian lewat messangger facebook.
-            Saat kita ada kesempatan untuk Online bareng jangan sia-siakan kita langsung berkomunikasi dengan mereka dengan bahasa inggrisa lewat  bantuan google translate.
-            Cara menggunakan google translate adalah klik new tab pada tampilan internet anda (Firefox atau Internet Explorer) bisa membuka tab facebook dan tab goolgle secara bersamaaa
-            Pada new tab tadi klik alamat google.com sampai muncul tampilan awal google. Setelah itu klik google translate pada toll atas tampilan google tunggu beberapa saat hingga muncul kolom translatae dan pilih translate indonesia – inggris maupun sebaliknya.
-            Setelah itu barulah kita mulai menyapa duluan lewat fitur chat di tampilan facebook dan di di saat percakapan di mulai jika ada kata-kata yang tidak di mengerti kita bisa langsung mempergunakan google translate meskipun secara ejaan tidak benar betul hasil terjemahaannya tapi lawan bicara kita pun pasti mengerti maksud kita
4.        Facebook Note
Fitur ini adalah semacam diary dalam aplikasi facebook. Kita bisa mempergunakan fitur ini sebagar media file sharing. Caranya adalah kita menulis suatu kasus atau fenomena mengenai ekonomi misalnya terus kita undang dan tandai teman-teman kita untuk mengunjungi catatan tersebut dan akhirnya catatan tersebut bisa di jadikan sarana pertukaran informasi karna teman-teman tadi bisa memberikan tanggapan atau komentar atas catatan tersebut.
Cara mambuat catatatan / note dalam facebook
-            kita mempunyai akun facebook, -log in pada akun facebook anda,- setelah masuk pada tampilan facebook kita klik icon profile tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan profile.
-            Lalu pilih icon catatan atau note tunggu hingga muncul tampilan “buat catatan baru”, lalu isilah catatan tersebut dengan topik,artikel, dan judul yang menarik misal : “pengembangan jiwa kewirausaah pada mahasiswaasebagai solusi hadapi krisis ekonomi global” setelah itu kita undang teman-teman pengguna facebook untuk komment dan diskusi dalam catatan facebook kita. Cara mengundang pengguna facebook lain  adalah pada kolom bawah tampilan ada icon Undang teman/Invite your friend, setelah di klik akan muncul teman-teman facebook lalu kita pilih pengguna facebook yang kita inginkan.
5.        Facebook Quiz
Fasilitas baru facebook adalah kita bisa membuat  Quiz dalam bentuk pertanyaan yang bisa kita buat dengan mudah lewat Aplikasi facebook quiz , lalu kita buat nama Quiz tersebut semenarik mungkin, kita bikin pertanyaay dan jawabannya secara otomatis facebook yang akan mengkoreksinya. Setelah facebook Quiz tersebut jadi lalu kita undang dan tandi tenman-teman kita untuk berkunjung dan menjawab Quiz yang telah kita kirimkan. Dalam hal ini Quiz yang berupa soal2 ujian suatu mata kuliah,pengetahuan umum, atau fenomena yang sedang terjadi di masyarakat.
Cara membuat Quiz pada facebook
Pertama ke aplikasi quiz creator, di http://www.facebook.com/apps/ application  .php?id=6016992457 klik ke aplikasi (di bawah gambar aplikasi). Lalu klik izinkan, agar aplikasi terinstall. Lalu iku ti langkah – langkahnya dan isi dengan lengkap. 1) Isi form dengan data pertanyaan, 2) Isi API (password), 3) Terakhir Klik “Edit Invite Text” untuk mengatur teks ketika ada yang mengundang menggunakan kuis anda. Setelah itu, Klik “Yes, I understand my quiz will die if I don’t invite people. Now take me to my quiz Isi jawabannya dan undang teman anda untuk menjawab kuisnya.


Facebook sebagai media pemblajaran  untuk meningkatkan motivasi belajar adalah bagai mana menggunakan facebook secara tepat pada hal waktu yaitu bagaimana menggunakan facebook   tidak mengganggu pada waktu-waktu jam belajar di perkuliahahn ataupun jam belajar di luar perkuliahan , gunakan facebook pada waktu luang dan santai sebagai media pembelajaran yang akan meningkatkan waktu dan motivasi belajar, kemudian mengoptimalkan   fitur/aplikasi yang ada pada facebook sebagai  media diantaranya Chating, Up Date Status, Komentar, Forum, Pesan, Tautan dengan situs lain, Aplikasi berbagai macam permainan, Grup, Quizz dan banyak lagi, yang kesemuanya itu dapat kita pergunakan sebagai media pembelajaran E-learning yang menarik dan dekat dengan mahasiswa yang akan meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, mengingat banyaknya pengguna facebook di kalangan mahasiswa dengan durasi dan frekuensi penggunaan facebook cukup tinggi.dengan adanya transformasi penggunaan facebook sebagai media pemblajaran E-learning Menurut Anonim (2009), Sistem pembelajaran elektronik atau e-pembelajaran (Inggris: Electronic learning disingkat E-learning) adalah cara baru dalam proses belajar mengajar. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan e-learning, peserta ajar (learner atau murid) tidak perlu duduk dengan manis di ruang kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru secara langsung.E-learning akan meningkatkan motivasi belajar karena praktis, effesien, dan dekat dengan keseharian pelajar di era globalisasi. E-learning juga dapat mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah program studi atau program pendidikan.


SIMPULAN

Dilihat secara keseluruhan, makalah ini sudah bisa menjawab semua pertanyaan yang ada di perumusan masalah.  Mulai dari gambarang pengguna facebook pada mahasiswa FPEB, bagaimana pengaruhnya dan bagaimana menggunakan facebook sebagai media pemblajaran yang akan meningkatkan motivasi belajar. 
Kesadaran pengguna facebook sebagai media pemblajaran  untuk meningkatkan motivasi balajar pada mahasiswa FPEB  kurang  baik di mana dari seluruh responden sekitar 65 persen  atau sekitar 39 orang menggunakan facebook hanya sebagai jejaring sosial dan hiburan saja. Namun, sudah ada mahasiswa yang sudah menggunakan facebook  sebagai media pemblajaran , penambah wawasan dan mencari beasiswa dalam penggunaan facebooknya  sekitar 35 persen atau sekitar 21 orang dari keseluruhan responden. Ironisnya facebook addict adalah pengguna facebook hanya sebagai jejaring sosial dan hiburan saja
Pengaruh penggunaan facebook terhadap motivasi belajar mahasiswa FPEB terlihat pada adanya fenomena  frekuensi penggunaan facebook mencapai 6 kali sehari dengan durasi setiap kali membuka facebook adalah 17 menit , di mana di dalam waktu tersebut termasuk waktu- waktu belajar kuliah dan belajar di rumah.
Facebook sebagai media pemblajaran adalah bagai mana menggunakan facebook tepat waktu, tidak menggunakannya dalam waktu perkuliahan atau jam belajar di rumah dan optimalisasi   fitur/aplikasi yang ada pada facebook sebagai  media diantaranya : Chating, Up Date Status, Komentar, Forum, Pesan, Tautan dengan situs lain, Aplikasi berbagai macam permainan, Grup, Quizz dan banyak lagi, yang kesemuanya itu dapat kita pergunakan sebagai media pembelajaran yang akan meningkatkan motivasi belajar mahasiswa karna praktis, menarik, effessien dan dekat dengan keseharian aktifitas mahasiswa terutama bagi pengguna facebook . 


SARAN
Guna meminalisir pengaruh negatif  penggunaan facebook  dan meningkatkan manfaat facebook sebagai media pemebelajaran penulis memberikan rekomendasi sebagai berikut :
1.        Penggunaan Facebook jangan pada waktu – waktu perkuliahan atau jam belajar di rumah. Tetapi gunkanlah pada saat waktu santai atau waktu renggang karna penggunaan facebook sebaga media pembelajaran itu cukup ringan dan tidak memerlukan waktu atau tempat khusus.
2.        Mahasiswa harus memahami betul apa itu pengaruh/dampak, manfaat, dan potensi penggunaan facebook, terutama penggunaan facebook  sebagai media pembelajaran.
3.        Diperlukan adanya semacam penasehat (counsellor) untuk media share pada mahasiswa selama mengakses menggunakan facebook sebagai media pembelajaran, bisa itu dosen, orang tua, teman atau orang lain yang dipercaya.
4.        Penggunaan telepon genggam sebagai pengganti komputer dalam mengakses situs facebook karna sudah ada aplikasi facebook mobile.
5.        Merekomendasikan warnet yang sudah memblokir situs-situs porno (Seperti penggunaan IP AWARI), guna mengantisipasi mahasiswa supaya tidak mengakses situs tersebut.

DAFTAR PUSTAKA

Syamsudin, Abin. 2007. Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosada Karya
Wayan, Dasna. 2006. Pengembangan Pembelajaran dan Evaluasi. Malang : Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) Universitas Negeri Malang (UM)
Dimyati, M. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Cepi Riyana. 2006. Media Pembelajaran. Modul, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Ricardo, Hermawan. 2009. The Drop Out Billionare (Menjual Ide ala Mark Zuckeberg sang pencipta facebook) Yogyakarta : Best Publisher

http://gallerypendidikan.blogspot.com/2009/11/facebook-sebagai-media-pembelajaran.html 
http://www.burhan.co.cc/2010/01/pemanfaatan-internet-sebagai-sumber.html

http://idaytsaqiff.blogspot.com/2010/05/konsep-dan-strategi-pembelajaran.html

                                                    


Tidak ada komentar:

Posting Komentar