GAGASAN FACEBOOK
UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA
FAKULTAS PENDIDIKAN EKONOMI DAN BISNIS (FPEB) UPI
0906576 Ade Suyitno 0900659 Lindawati
Di Presentasikan dalam Final Karya Tulis Ilmiah Tingkat Prodi P.EKonomi
Di Presentasikan dalam Final Karya Tulis Ilmiah Tingkat Prodi P.EKonomi
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN EKONOMI DAN KOPERASI
FAKULTAS
PENDIDIKAN EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS
PENDIDIKAN INDONESIA
2010
Artikel Menraik Berikutnya :
Artikel Menraik Berikutnya :
FACEBOOK SEBAGAI MEDIA KREATIF E-LEARNING UNTUK DISTANCE LEARNING DI ERA GLOBAL Di Presentasikan di BPU DINAMIK7 UPI dalam Lomba Artikel Ilmiah SE-JABAR & DKI 2012
http://ade-suyitno.blogspot.com/2012/03/facebook-sebagai-media-kreatif-e.htmlRINGKASAN MATERI/ ABSTRAK
GAGASAN FACEBOOK
UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA
FAKULTAS PENDIDIKAN EKONOMI DAN BISNIS (FPEB) UPI
Dalam karya
ilmiah ini, kami membahas gambaran
fenomena penggunaan facebook, pengaruhnya dan bagaimana menggunakan facebook
sebagai media pembelajaran yang akan meningkatkan motivasi belajar pada
mahasiswa FPEB . Metode penelitian
yang kami gunakan adalah metode lapangan, yaitu dengan menggunakan angket. Selain itu, kami juga menggunakan metode kepustakaan untuk dijadikan
rujukan dalam penulisan makalah ini.
Objek penelitian dalam makalah ini adalah pengguna facebook pada
mahasiswa FPEB. Dari hasil penelitian kami,
Kesadaran pengguna facebook sebagai media pemblajaran untuk meningkatkan motivasi balajar pada
mahasiswa FPEB masih kurang padahal banyaknya pengguna facebook di kalangan mahasiswa dengan durasi dan
frekuensi penggunaan facebook cukup tinggi.
PENDAHULUAN
Di era globalisasi
dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih,
penyebaran informasi serta akses telekomunikasi
dan transportasi semakin lebih cepat dan mudah. Tidak dapat dipungkiri hal
tersebut baik secara langsung maupun tidak langsung mempunyai dampak bagi
masyarakat, baik itu berdampak positif ataupun negatif. Dampaknya pun
tidak terbatas terhadap kalangan tertentu saja, namun telah meluas ke semua kalangan baik kalangan
terpelajar maupun bukan kalangan terpelajar.
Internet merupakan
salah satu hasil dari kecanggihan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
buatan manusia. Internet adalah singkatan dari Interconnected Networking
yang apabila diartikan dalam bahasa Indonesia berarti rangkaian komputer yang terhubung di
dalam beberapa rangkaian jaringan. Fungsi internet bermacam-macam, dan salah
satunya adalah sebagai tempat komunitas jejaring sosial dunia maya. Jejaring
sosial merupakan suatu layanan dari sebuah cakupan sistem software
internet yang memungkinkan penggunanya dapat berinteraksi dan berbagi data
dengan pengguna yang lain dalam skala yang besar.
Situs jejaring
sosial di internet bermacam-macam jenis dan bentuknya, namun yang paling
dikenal dan banyak digandrungi remaja jaman sekarang adalah facebook, friendster,
My Space dan twitter. Akhir-akhir ini banyak dijumpai pemberitaan
di media cetak dan elektronik yang memberitakan tentang penyalahgunaan situs
jejaring sosial. Beberapa berita yang paling hangat adalah kasus seorang anak
remaja laki-laki yang membawa kabur seorang anak remaja perempuan yang dikenal
lewat situs jejaring sosial (facebook), dan penggunaan situs jejaring
sosial (facebook) sebagai ajang prostitusi di kalangan remaja. Keadaan
ini sungguh sangat ironis dengan tujuan utama situs jejaring sosial itu dibuat,
yakni untuk memperluas hubungan sosial.
Yang paling
menghawatirkan adalah bahwa pada era teknologi dan globalisasi seperti sekarang
ini, telepon seluler yang dulunya hanya berfungsi sebagai alat penerima dan
pemanggil jarak jauh, kini dapat digunakan untuk mengakses internet dan situs
jejaring sosial ( facebook mobile ). Jadi mahasiswa tidak perlu lagi ke warnet
untuk mengakses situs pertemanan, melainkan dapat mengaksesnya langsung di
telepon seluler mereka dimanapun dan kapanpun. Hal ini semakin menambah banyak
kasus penyalahgunaan situs jejaring sosial untuk hal yang tidak sesuai dengan
aturan contohnya saja adanya mahasiswa yang membuka facebook saat jam
perkuliahan dan membuka facebook di waktu –waktu belajar efektifnya di rumah.
Tidak hanya
kehidupan umum saja yang terkena dampak dari situs jejaring sosial, namun
pengaruhnya mulai dirasakan dalam dunia pendidikan. Dampak terburuk dalam dunia
pendidikan yang mungkin dihasilkan dari situs jejaring sosial adalah mulai
menurunnya waktu belajar mahasiswa. Belajar
adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh mahasiswa demi
mencapai prestasi belajar yang diingingkan.
Hal inilah yang
melatarbelakangi kami sebagai penulis untuk memberikan sebuah gagasan tentang PENGGUNAAN FACEBOOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA FPEB.
Dari data yang kami peroleh, seluruh
responden 60 orang adalah pengguna facebook dan 80% diantaranya
atau sekitar 48 orang adalah
pengguna facebook mobile yang di mana aplikasi facebook mobile tersebut ada di
dalam ponselnya.
Guna meminalisir pengaruh
negatif penggunaan facebook dan meningkatkan manfaat facebook sebagai media pemebelajaran penulis memberikan rekomendasi sebagai berikut
:
DAFTAR PUSTAKA
http://gallerypendidikan.blogspot.com/2009/11/facebook-sebagai-media-pembelajaran.html
PEMBAHASAN
Dari jumlah
tersebut 35% pengguna atau 21 pengguna sudah mulai menggunakan facebook sebagai media
pemblajaran dan merasakan manfaatnya di
mana dalam facebook mereka dapat sharing
mengenai suatu fenomena atau kasus dalam perkuliahan , sebagai sarana untuk
menambah wawasan dan untuk mencari beasiswa. Sisanya 65% mahasiswa
atau sekitar 39 orang menggunakan Facebook hanya sebagai sarana jejaring sosial
menambah pertemanan di dunia maya, ajang narsis, bermain games FB, bermain
aplikasi atau hanya sekedar update status dan kommentar. Namun ironisnya
pengguna Facbook aktif adalah yang menggunakan facebook sebaga jejaring sosial
saja dan pada akhirnya mereka menjadi Facebook addict dengan frekuensi
membuka facebook sebanyak 6 kali sehari dengan
rata-rata setiap kali membuka facebook adalah 17 menit. Bisa di bayangkan 102 menit waktu terbuang sia - sia perhari dan mereka tidak menyadari itu karna
terlalu asyik menikmati setiap fasilitas yang sangat banyak dan variatf di
facebook.
Dalam hasil angket
juga sebanyak 80% mahasisswa fpeb atau sekitar 48 orang sering mempergunakan facebook
dalam saat jam perkuliahan di karnakan mata kuliah dan cara mengajar dosennya
yang membosankan dan 3% dengan alasan kebiasaan dan 73% atau sekitar 44 orang
sering membuka facebook dalam jam belajar aktif mereka di rumah di karnakan
jenuh dalam belajar. Hali ini secara perlahan akan mengurangi motivasi
mahasiswa dalam belajar karna dalam waktu belajarnya ada sesuatu yang
mengalihkan dan lebih menarik daripada belajar yaitu facebook, menurut Abin
Syamsuddin Makmun (2003) Dalam konteks studi psikologi, mengemukakan bahwa
untuk memahami motivasi individu dapat dilihat dari beberapa indikator,
diantaranya: (1) durasi kegiatan; (2) frekuensi kegiatan; (3) persistensi pada
kegiatan; (4) ketabahan, keuletan dan kemampuan dalam mengahadapi rintangan dan
kesulitan; (5) devosi dan pengorbanan untuk mencapai tujuan. Dan di karnakan
facebook adanya waktu produktif yang terbuang karna frekuensi rata-rata
mahasiswa membuka facebook 6 kali sehari, di mana diantara waktu tersebut
termasuk dalam waktu-waktu belajar dan berkurangnya durasi belajar.
Pada kenyataannya dari hasil angket rata-rata mahasiswa membuka facebook 6 kali sehari
dan setiap kali
membuka facebook adalah 17 menit. Semua hal itu
sudah menjadi rutinitas keseharian, Mengenai hal ini
Menurut teori Teori Alderfer fenomene facebook addict bisa di jelaskan
dengan teori akronim “ERG” . Akronim “ERG” dalam teori Alderfer merupakan
huruf-huruf pertama dari tiga istilah yaitu : E = Existence (kebutuhan akan
eksistensi), di mana pengguna facebook yang sudah keseringan menggunakan
facebook dalam kurun waktu tertentu akan menjadi kebutuhan yang harus di penuhi
dan selain itu juga adanya rasa akan eksistensi pada penggunaan facebook
terhadap pengguna lainnya. R =
Relatedness (kebutuhan untuk berhubungan dengan pihak lain), dan G = Growth
(kebutuhan akan pertumbuhan). hal iutlah
yang sadar atau tidak yang menjadi salah satu alasan banyak mahasiswa kecanduan
Facebook,menurut Byron Reeves dan Clifford Nassdalam Media Equation Theory salah satu efek media massa dalam hal ini jejaring sosial facebook
adalah akan menimbulkan Efek Behavior pada pengguna yang terlalu sering menggunakannya, Efek
ini merupakan akibat yang timbul pada diri khalayak dalam bentuk perilaku,
tindakan, atau kegiatan dalam rutinitas.
Dari dampak diatas kita tidak bisa
langsung meengarahkan para facebook addict untuk berhenti bermain facebook
seperti yang di katakana oleh Dr. Hedi Pudjosantoso, sosiolog FISIP Undip
mengatakan,dalam FISIP Online News secara sederhana fenomena Facebook dapat dijelaskan melalui teori
Cultural Studies. Teori ini memberikan pemahaman bahwa setiap era (age)
mempunyai ”kebudayaan” yang berbeda. ”Kebudayaan” jaman sekarang adalah
kemajuan teknologi, Facebook salah satunya. Dan hal itu tidak bisa di
hentikan kecuali keadaan jaman yang akan merubahnya. tapi sebenarnya kita bisa merubahnya menjadi sebuah
kegiatan dalam facebook yang bermanfaat yaitu senagai media pemblajaran, karna facebook juga memenuhi
syarat sebagai media pemblajaran e-learning . Secara fungsi e-learning, facebook berfungsi sebagai pendukung proses
pembelajaran bagi peserta didik yang dapat meminimalkan kendala waktu, jarak/
ruang dan secara tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas
pembelajaran pada peserta didik dengan memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikas sebagai media yang dekat dengan mahasiswa.
Di bawah ini
fitur-fitur facebook yang dapat di gunakan sebagai media pemblajaran :
1.
Facebook Group
Dalam hal
ini setiap pengguna facebook dapat mempergunakan ,membuat dan bergabung pada
sebuah group, tentunya dalam hal ini group facebook dalam kajian-kajian
keilmuan, studi club, dan communitas mahasiswa. Kita dapat ilmu yang banyak
lewat pertemuan kajian pada group facebook lewat pertukara informasi antar
anggota dalam forum diskusi group tersebut.
Cara
bergabung dalam sebuah group
1) Kita mempunyai akun facebook, 2) log in pada
akun facebook anda, 3) pada tool search
di tampilan facebook kita ketik dan cari nama group yang kita inginkan misal
grup “SCIEMICS UPI”, Sciemics adalah goup studi community of islamic economics,
4) setelah muncul ke tampilan grup sciemics kita klik GABUNG pada tampilan di
tengah atas grup tersebut, setelah di klik secara otomatis kita sudah tergabung
dalam Group kajian sciemics dan bisa Share, Komment, Ngobrol lewat fitur chat,
dan bisa diskusi dalam forum diskusi yang ada dalam grup tersebut.
Cara membuat group
1) Kita mempunyai
akun facebook, 2) log in pada akun facebook anda, setelah masuk pada beranda
facbook cari dan klik icon “Buat Group”, 3)Setelah itu muncul tampilan
registrasi group yang harus di isi dengan lengkap seperti contoh : Nama Group :
KAEKAN (Kajian Ekonomi Akhir PeKAN),
Status anggota ; Umum, Privasi group : terbuka, setelah itu di kasih foto pada profil group
sebagai identitas di lanjutkan dengan sunting goup dan sunting pengaturan untuk
di isis sesuai dengan tujuan group, 4) setelah registrasi selesai undang
teman-teman pengguna facebook untuk bergabung dalam guop kajian kita, Cara
mengundang pengguna facebook lain adalah
pada kolom bawah tampilan ada icon Undang teman/Invite your friend, setelah di
klik akan muncul teman-teman facebook lalu kita pilih satu-persatu atau
sekaligus semuanya dan untuk menarik langsung kita isi kolom forum diskusi
dengan tulisan atau artikel menarik untuk di diskusikan.
2.
Facebook Share
Facebook
Share/tautan, merupakan fitur dasar di facebook. Fitur ini pastinya juga bisa
digunakan sebagai sarana untuk membantu pembelajaran. Siapapun bisa men-share
apapun (tulisan singkat, link, gambar, video dsb) ke semua teman-temannya.
Dengan fitur ini mahasiswa dapat mencari situs-situs atau gambar-gambar yang
berhubungan dengan pembelajaran mahasiswa, kemudian di share di facebook untuk
seterusnya mudah diakses , sehingga memberi kemudahan pada pengguna facebook
lain untuk mengakses link yang ada pada tautan kita dan mahasiswa mempunyai
panduan dalam mencari materi di internet, dengan share ini juga dosen bisa
menugaskan mahasiswa untuk memberikan analisis, kritik atau komentar terhadap
fenomena sosial yang berada di dalam share/tautan tersebut.
Cara membuat tautan/ share pada
facebook
1) Kita mempunyai akun facebook, 2) log in
pada akun facebook anda, setelah itu kita cari artikel atau jurnal yang ada
pada internet melalui aplikasi google setelah ketemu topik yang diinginkan misal mengenai “Redenominasi” dengan alamat http:/ pancallok.blogspot.com/2010/.../apa-itu-redenominasi-rupiah.html. 3) Kemudian kita copy alamat blog , dan masukan
alamat blog tadi pada beranda di kolom “apa yang anda pikirkan” yang terletak
pada tengah atas tampilan beranda facebook.-setelah di paste kita klik
“Bagikan”.-lalu secara otomatis pengguna facebook lain yang sedang online dapat
mengetahui tautan kita mengenai redenominasi beserta alat blognya.
3.
Fiture Chat
Chat adalah
salah satu fitur yang paling di sukai pengguna facebook dimana kita bisa
berinteraksi ngobrol langsung dengan sesame pengguna facebook yang telah
menjadi teman kita. Dalam fitur ini sebenarnya bisa menjadi fitur yang sangat
berguna bagi mahasisawa dari pada sekedar ajang curhat, basa-basi, dan gossip
yaitu sebagai media sharing.
Dalam hal
ini kita bisa mensharingkan apa saja mengenai pelajaran misalnya baik dengan
teman akrab, teman jauh, teman dalam negri dan bahkan teman yang berada di luar
negri.
Seperti apa
yang penulis sering praktikan adalah sharing tentang kebudayaan dan ekonomi
dengan salah satu mahasiswa cambrige university meskipun saya tidak fasih
berbahasa inggris. Caranya adalah ;
-
Kita mempunyai akun facebook, - log in pada akun
facebook anda, - pada tool search di tampilan facebook kita ketik dan cari nama
teman luar negri lewat group - group
facebook yang tentang universitas dunia. Misalnya Harvard University, Cambride
University, oxford University dll. Setelah itu kita pilih anggota group
tersebut sesuai dengan kebutuhan kita sebagai contoh kita kirim pertemenana
dengan beberapa mahasiswa yang dari fakultas ekonomi dari universitas dunia
tersebut.
-
Saat Kita sudah di komfifm pertemanan kita kirim
message kedia untuk janjian lewat messangger facebook.
-
Saat kita ada kesempatan untuk Online bareng jangan
sia-siakan kita langsung berkomunikasi dengan mereka dengan bahasa inggrisa
lewat bantuan google translate.
-
Cara menggunakan google translate adalah klik new tab
pada tampilan internet anda (Firefox atau Internet Explorer) bisa membuka tab
facebook dan tab goolgle secara bersamaaa
-
Pada new tab tadi klik alamat google.com sampai muncul
tampilan awal google. Setelah itu klik google translate pada toll atas tampilan
google tunggu beberapa saat hingga muncul kolom translatae dan pilih translate
indonesia – inggris maupun sebaliknya.
-
Setelah itu barulah kita mulai menyapa duluan lewat
fitur chat di tampilan facebook dan di di saat percakapan di mulai jika ada
kata-kata yang tidak di mengerti kita bisa langsung mempergunakan google translate
meskipun secara ejaan tidak benar betul hasil terjemahaannya tapi lawan bicara
kita pun pasti mengerti maksud kita
4.
Facebook Note
Fitur ini
adalah semacam diary dalam aplikasi facebook. Kita bisa mempergunakan fitur ini
sebagar media file sharing. Caranya adalah kita menulis suatu kasus atau
fenomena mengenai ekonomi misalnya terus kita undang dan tandai teman-teman
kita untuk mengunjungi catatan tersebut dan akhirnya catatan tersebut bisa di
jadikan sarana pertukaran informasi karna teman-teman tadi bisa memberikan
tanggapan atau komentar atas catatan tersebut.
Cara mambuat catatatan / note
dalam facebook
-
kita mempunyai akun facebook, -log in pada akun
facebook anda,- setelah masuk pada tampilan facebook kita klik icon profile
tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan profile.
-
Lalu pilih icon catatan atau note tunggu hingga muncul
tampilan “buat catatan baru”, lalu isilah catatan tersebut dengan
topik,artikel, dan judul yang menarik misal : “pengembangan jiwa kewirausaah
pada mahasiswaasebagai solusi hadapi krisis ekonomi global” setelah itu kita
undang teman-teman pengguna facebook untuk komment dan diskusi dalam catatan
facebook kita. Cara mengundang pengguna facebook lain adalah pada kolom bawah tampilan ada icon
Undang teman/Invite your friend, setelah di klik akan muncul teman-teman
facebook lalu kita pilih pengguna facebook yang kita inginkan.
5.
Facebook Quiz
Fasilitas
baru facebook adalah kita bisa membuat
Quiz dalam bentuk pertanyaan yang bisa kita buat dengan mudah lewat
Aplikasi facebook quiz , lalu kita buat nama Quiz tersebut semenarik mungkin,
kita bikin pertanyaay dan jawabannya secara otomatis facebook yang akan
mengkoreksinya. Setelah facebook Quiz tersebut jadi lalu kita undang dan tandi
tenman-teman kita untuk berkunjung dan menjawab Quiz yang telah kita kirimkan.
Dalam hal ini Quiz yang berupa soal2 ujian suatu mata kuliah,pengetahuan umum,
atau fenomena yang sedang terjadi di masyarakat.
Cara membuat Quiz pada facebook
Pertama ke aplikasi quiz
creator, di http://www.facebook.com/apps/ application .php?id=6016992457 klik ke aplikasi (di bawah gambar aplikasi). Lalu
klik izinkan, agar aplikasi terinstall. Lalu iku ti langkah – langkahnya dan isi dengan lengkap. 1) Isi
form dengan data pertanyaan,
2) Isi API (password), 3) Terakhir Klik “Edit Invite Text”
untuk mengatur teks ketika ada yang mengundang menggunakan kuis anda. Setelah
itu, Klik “Yes,
I understand my quiz will die if I don’t invite people. Now take me to my quiz “ Isi jawabannya dan undang teman anda
untuk menjawab kuisnya.
Facebook sebagai media pemblajaran untuk meningkatkan motivasi belajar adalah
bagai mana menggunakan facebook secara tepat pada hal waktu yaitu bagaimana
menggunakan facebook tidak mengganggu
pada waktu-waktu jam belajar di perkuliahahn ataupun jam belajar di luar perkuliahan
, gunakan facebook pada waktu luang dan santai sebagai media pembelajaran yang
akan meningkatkan waktu dan motivasi belajar, kemudian mengoptimalkan fitur/aplikasi yang ada pada facebook
sebagai media diantaranya Chating, Up
Date Status, Komentar, Forum, Pesan, Tautan dengan situs lain, Aplikasi
berbagai macam permainan, Grup, Quizz dan banyak lagi, yang kesemuanya itu
dapat kita pergunakan sebagai media pembelajaran E-learning yang menarik dan
dekat dengan mahasiswa yang akan meningkatkan motivasi belajar mahasiswa,
mengingat banyaknya pengguna facebook di kalangan mahasiswa dengan durasi dan
frekuensi penggunaan facebook cukup tinggi.dengan adanya transformasi
penggunaan facebook sebagai media pemblajaran E-learning Menurut Anonim (2009), Sistem pembelajaran
elektronik atau e-pembelajaran (Inggris: Electronic learning disingkat
E-learning) adalah cara baru dalam proses belajar mengajar. E-learning
merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi. Dengan e-learning, peserta ajar (learner atau murid) tidak perlu
duduk dengan manis di ruang kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang
guru secara langsung.E-learning akan meningkatkan motivasi belajar
karena praktis, effesien, dan dekat dengan keseharian pelajar di era
globalisasi. E-learning juga dapat
mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya
yang harus dikeluarkan oleh sebuah program studi atau program pendidikan.
SIMPULAN
Dilihat
secara keseluruhan, makalah ini sudah bisa menjawab semua pertanyaan yang ada
di perumusan masalah. Mulai dari
gambarang pengguna facebook pada mahasiswa FPEB, bagaimana pengaruhnya dan
bagaimana menggunakan facebook sebagai media pemblajaran yang akan meningkatkan
motivasi belajar.
Kesadaran pengguna facebook sebagai
media pemblajaran untuk meningkatkan
motivasi balajar pada mahasiswa FPEB
kurang baik di mana dari seluruh
responden sekitar 65 persen atau sekitar 39 orang menggunakan facebook hanya
sebagai jejaring sosial dan hiburan saja. Namun, sudah
ada mahasiswa yang sudah menggunakan facebook
sebagai media pemblajaran , penambah wawasan dan mencari beasiswa dalam
penggunaan facebooknya sekitar 35 persen atau
sekitar 21 orang dari keseluruhan responden. Ironisnya facebook addict adalah pengguna facebook hanya sebagai jejaring
sosial dan hiburan saja
Pengaruh penggunaan
facebook terhadap motivasi belajar mahasiswa FPEB terlihat pada adanya
fenomena frekuensi penggunaan facebook
mencapai 6 kali sehari dengan durasi setiap kali membuka facebook adalah 17
menit , di mana di dalam waktu tersebut termasuk waktu- waktu belajar kuliah
dan belajar di rumah.
Facebook sebagai
media pemblajaran adalah bagai mana menggunakan facebook tepat waktu, tidak
menggunakannya dalam waktu perkuliahan atau jam belajar di rumah dan
optimalisasi fitur/aplikasi yang ada
pada facebook sebagai media diantaranya
: Chating, Up Date Status, Komentar, Forum, Pesan, Tautan dengan situs lain,
Aplikasi berbagai macam permainan, Grup, Quizz dan banyak lagi, yang kesemuanya
itu dapat kita pergunakan sebagai media pembelajaran yang akan meningkatkan
motivasi belajar mahasiswa karna praktis, menarik, effessien dan dekat dengan
keseharian aktifitas mahasiswa terutama bagi pengguna facebook .
SARAN
1.
Penggunaan
Facebook jangan pada waktu – waktu perkuliahan atau jam belajar di rumah.
Tetapi gunkanlah pada saat waktu santai atau waktu renggang karna penggunaan
facebook sebaga media pembelajaran itu cukup ringan dan tidak memerlukan waktu
atau tempat khusus.
2.
Mahasiswa
harus memahami betul apa itu pengaruh/dampak, manfaat, dan potensi penggunaan
facebook, terutama penggunaan facebook sebagai media pembelajaran.
3.
Diperlukan adanya semacam
penasehat (counsellor) untuk media
share pada mahasiswa selama mengakses menggunakan
facebook sebagai media pembelajaran, bisa itu dosen, orang tua, teman atau orang lain yang
dipercaya.
4.
Penggunaan telepon genggam
sebagai pengganti komputer dalam mengakses situs facebook karna sudah ada
aplikasi facebook mobile.
5.
Merekomendasikan warnet yang
sudah memblokir situs-situs porno (Seperti penggunaan IP AWARI), guna
mengantisipasi mahasiswa supaya tidak mengakses situs tersebut.
Syamsudin, Abin.
2007. Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosada Karya
Wayan,
Dasna. 2006. Pengembangan Pembelajaran dan Evaluasi. Malang : Lembaga Pengembangan Pendidikan dan
Pembelajaran (LP3) Universitas Negeri Malang (UM)
Dimyati, M.
1991. Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Cepi Riyana. 2006. Media
Pembelajaran. Modul, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Ricardo, Hermawan.
2009. The Drop Out Billionare (Menjual Ide ala Mark Zuckeberg sang pencipta
facebook) Yogyakarta : Best Publisher
http://www.burhan.co.cc/2010/01/pemanfaatan-internet-sebagai-sumber.html
http://idaytsaqiff.blogspot.com/2010/05/konsep-dan-strategi-pembelajaran.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar