Pages

Sabtu, 25 Mei 2013

Firmanzah Pd.D Prestasi Tokoh Muda Internasional Indonesia

Ade Suyitno (Reportase bersama Firmanzah, SE., MM., Ph.D )


Pemberitaan degradasi moral dan melemahnya kemandirian generasi muda sudah seharusnya diiringi dengan informasi prestasi dan pencapaian luar biasa dari sebagian lainnya agar terjadi keseimbangan. Salah satunya adalah Informasi dari prestasi Firmanzah, SE., MM., Ph.D adalah Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi. Sebelumnya, jabatan penting pernah dia pegang. Seperti dosen pada jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. (FE-UI). Pada usia 33 tahun juga menjabat sebagai dekan fakultas ekonomi UI periode 2009-2013. Untuk meraih jabatan prestisius itu, Firmanzah mengalahkan banyak seniornya di UI. Di antaranya, Profesor Sidharta Utama Ph.D. CFA dan Arindra A. Zainal, Ph.D, dan Dr. Ir. Nining Indrayono Soesilo M.

Secara tidak sengaja pada 26 mei ini saya bertemu dan bisa berdiskusi dengan beliau di tengah acara SILAKBAR FoSSEI Nasional (Acara Silaturahim Nasional FoSSEI) di Hall Dewan Pers Baznas, Jakpus. Tiket khusus berbincang dengan beliau adalah karena posisi / amanah yang saya emban sebagai perwakilan pengurus nasional riset FoSSEI (Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Mahasiswa) Nasional dan Bagian dari MES membuat saya dapat berdiskusi dengan beliau di sela-sela acara. Sebagai generasi muda bagian dari pembelajar ekonomi saya sangat mengidolakan beliau. Semangat juang, passion world dan visi besar beliau yang ingin menjadikan Indonesia leader ekonomi dunia adalah hal yang sangat saya serap pemikiran dan karnyanya. Pemuda yang sangat Inspiratif, Cendikia yang sangat santun, Praktisi yang banyak mempunyai karya. Sudah sepatutnya kita mengidolakan beliau dan menjadi bagian dalam mewujudkan Indonesia Mandiri.
Inspirasi yang didapatkan dari perbincangan hari ini adalah bahwa ekonomi masa depan akan digerakan oleh ilmu pengetahuan (knowladge based economy) dan hal ini di butuhkan orang-orang terdidik dan ahli. Oleh karena itu sebagai generasi muda khusunya yang aktif dalam studi ekonomi islam harus terus belajar dan mencari ilmu sebanyak-banyaknya bahkan harus keluar negeri. Kita harus siap bersaing dengan lulusan dari negara barat dalam hal pengetahuan dan ekonomi. Saya yakin hal itu dapat diwujudkan oleh generasi muda Indonesia saat ini.

Inspirasi berikutnya didapat dari aktifnya beliau dalam berkarya sehingga prof fiz juga pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Humas dan Protokol UI. Jabatan Struktural yang pernah diemban adalah sebagai Sekretaris Departemen Manajemen, FE-UI (2005-2007) dan Wakil Direktur Program Pasca Sarjana Ilmu Manajemen FEUI. Sebagai seorang intelektual muda, Firmanzah aktif dalam kegiatan seminar/forum internasional, publikasi dalam jurnal ilmiah, tulisan populer dan buku.

Pria yang memiliki visi menjadi orang yang berguna bagi masyarakat ini tidak pernah memimpikan untuk memimpin sebuah institusi. Peraih gelar doktor dari University of Pau et Pays de l’Adour, Prancis, ini tidak pernah membayangkan bisa menjadi dekan universitas ternama di Indonesia itu di usia mudanya. Meski demikian, kepemudaannya bukanlah titik jual (selling point) mengapa akhirnya dia terpilih. Tetapi dia memiliki pengalaman praktis yang solid dengan catatan akademiknya yang baik.(Merdeka Berita)

Sebagai seorang intelektual muda, Firmanzah — yang akrab disapa Fiz — aktif mengikuti kegiatan di forum internasional serta menelurkan publikasi dalam jurnal ilmiah, tulisan populer dan buku. Bukunya, antara lain, Peran Ilmu Marketing dalam Dunia Politik: Menuju Marketing Politik di Indonesia dan Successful New Product Launching (NPL) in the Local Market.

Ia pernah menjadi visiting professor di University of Nanchang, Cina (2005); University of Pau et Payas de l’Adour, Prancis (2006-08); University of Science and Technology of Lille 1, Prancis (2006); dan IAE de Grenoble, Prancis (2007), serta menjadi pembicara Leadership Program Development, Amos Tuck Business School, AS (2006).(Indonesia Proud)

Sudah sepastasnya kita sebagai generasi muda meneladani prestasi dan perjuangan beliau dengan terus berkarya dan berprestasi di kancah Nasional dan Internasional. Indonesia Muda BISA.




1 komentar: