Pages

Minggu, 16 Oktober 2011

PELATIHAN DAN LOMBA KARYA TULIS (P & L KTM) 2011 PRODI PEND. EKONOMI DAN MAHAPROPESI

 PELATIHAN DAN LOMBA KARYA TULIS (P & L KTM) 2011
PRODI PEND. EKONOMI  DAN MAHAPROPESI


Latar belakang
Lulusan sebuah perguruan tinggi dituntut untuk memiliki academic knowledge, skill of thinking, management skill, dan communication skill. Kekurangan atas salah satu dari ke empat keterampilan/kemahiran tersebut dapat menyebabkan berkurangnya mutu lulusan. Sinergisme ke empatnya akan tercermin melalui kemampuan lulusan dalam kecepatan menemukan solusi tas persoalan-persoalan atau tantangan-tantangan yang dihadapinya. Perilaku dan pemikiran yang ditunjukkan akan bersifat kontruktif realistic, artinya kreatif (unik dan bermanfaat) serta dapat diwujudkan. Kemampuan berfikir dan bertindak kreatif pada hakekatnya dapat dilakukan setiap manusia apalagi yang menikmati pendidikan tinggi. Oleh karena, kreativitas merupakan jelmaan integrative 3 (tiga) faktor utama dalam diri manusia, yaitu : pikiran, perasaan dan keterampilan. Dalam faktor pikiran terdapat imajinasi, persepsi dan nalar. Faktor perasaan terdiri dari emosi, estetika dan harmonisasi. Sedangkan faktor keterampilan mengandung bakat, faal tubuh dan pengalaman (Pedoman PKM DIKTI; 2009. Dengan demikian, agar mahasiswa dapat mencapai level kreatif, ketiga faktor dimaksud diupayakan agar optimal dalam sebuah kegiatan yang diberi nama Pelatihan & Lomba Karya Tulis Mahasiswa 2011 (P & LKTM).
LKTM merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan Program Studi Pendidikan Ekonomi dan MAHAPROPESI dalam meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, terutama dalam konteks pendidikan, ekonomi dan koperasi.
LKTM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

Landasan Kegiatan
1.       Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2003, lembar Negara Republik Indonesia nomor 4301)
2.     Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 6 tahun 2004 tentang penetapan Universitas Pendidikan Indonesia sebagai Badan Hukum Milik Negara (lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 13)
3.     Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 23; Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5105) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Pengelolaan dan Penyelenggaraan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor  112; Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5157)
4.     Peraturan Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Nomor 8052/H40/HK/2010 tentang organisasi kemahasiswaan di lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia.
5.     Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 1999 tentang Perubahan IKIP Bandung menjadi Universitas Pendidikan Indonesia
6.     Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 155/U/1998 tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi.
7.     Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat
8.     Visi UPI : “Universitas Pelopor  dan Unggul (a leading and outstanding University)”
9.     Program kerja BEM MAHAPROPESI (Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi pendidikan Ekonomi dan Koperasi) departemen Pendidikan , Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia, dan bekerja sama dengan bidang lainnya.

Nama Kegiatan
Pelatihan dan Lomba Karya Tulis Mahasiswa (P & L KTM) 2011

Tema Kegiatan
“BERKARYA, SOLUSI TERBAIK PEMBANGUNAN BANGSA”




Tujuan
1)    Membangun budaya menulis (ilmiah) di kalangan mahasiswa
2)    Meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, terutama dalam konteks pendidikan, ekonomi dan koperasi.
3)    Mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi
4)    Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menuangkan pemikiran dan hasilhasil kegiatan ilmiah.
5)    Menjadi akses mahasiswa dalam berlatih menuliskan ide-ide kreatif sebagai respons intelektual atas persoalan-persoalan aktual yang dihadapi masyarakat.

Peserta Kegiatan
Seluruh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi dan Koperasi Aktif maksimal angkatan 3.

Bentuk dan Waktu Kegiatan
*      Pelatihan
Waktu
:
21 Oktober 2011
Tempat
:
Auditorium Garnadi
*    Pengerjaan karya tulis dan Mentoring
Waktu
:
21 Oktober – 18 November 2011
Tempat
:
Di sesuaikan
*    Grand Final
Waktu
:
9 Desember 2011
Tempat
:
Auditorium FPEB UPI
Juri
:
1
Prof. Dr. H.  Disman, MS.


2
Dra. Neti Budiwati, M.Si


3
Dr.H.Amir Machud,SE.M.Si
Penutup
Demikianlah proposal ini disusun dan diselesaikan, dengan harapan bahwa rangkayan kegiatan yang telah direncanakan akan dapat menumbuhkan motivasi bagi peserta untuk lebih mengenal urgensi organisasi dalam menempuh dunia perkuliahan. Lebih dan kurangnya kami mengucapkan mohon maaf. Besar harapan kami agar apa yang kami rencanakan ini dapat terwujud dan bermanfaat bagi kemaslahatan bersama.
Atas kerjasama dan partisifasinya dalam mendukung menyukseskan kegiatan tersebut kami mengucapkan terima kasih. Semoga Allah SWT meridoi segala usaha kita sehingga kegiatan Training Multimedia ini berjalan dengan baik dan lancar.
Bandung, 5 Oktober 2011



       
       
Lampiran 2
SUSUNAN KEPANITIAAN
PELINDUNG
:
Ketua Prodi Pendidikan Ekonomi
Dr. Ikaputera Waspada M.M.
PEMBINA
:
Pembina Kemahasiswaan
Dr. H. Amir Machmud.,SE,M.Si.
PENANGGUNG JAWAB
:
Ketua  MAHAPROPESI
Dudi Septiadi
KETUA PELAKSANA
:
Wahyudi H
SEKRETARIS
:
Desrina Dyan H
BENDAHARA
:
Sri Rosanah
SEKSI  ACARA
:
Maliatul H dan Yuni
SEKSI LOGISTIK
:
Dhani Ramadhan
SEKSI HUMAS
:
Dwi H
SEKSI PDD
:
Yoga Sidik Permana dan Aysah
SEKSI KONSUMSI
:
Riska Apriyanti dan R. Amel








       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar