Pages

Senin, 17 Desember 2012

Seminar Islamic Economics SCIEmics UPI


Sharia Academic Training (SAT), salah satu even terbesar yang  diadakan salah satu  UKM UPI yaitu SCIEmics (Study Community of Islamics Economics) dilaksanakan 20 Oktober 2012 dan berjalan dengan sukses. Menghadirkan pembicara yang luar biasa dan andal, dengan antusias peserta yang begitu bersemangat menambah kemeriahan acara. Acara yang diadakan di auditorium FPIPS lantai 6 itu berlangsung cukup lama dan lancar. Dimulai dari pukul 07.30 WIB untuk registrasi peserta sampai penutupan pukul 16.30 yang ditutup dengan pembagian doorprice oleh panitia, jumlah peserta begitu membludak dan tidak mengurangi semangat peserta sedikit pun.
Acara ini dihadiri sekitar 150 peserta yang terdiri atas mahasiswa UPI dan mahasiswa luar kampus UPI seperti UNPAS, STIE Muhammadiyah, UIN, STIE Ekuitas, dan UNISBA yang ikut menghadiri acara yang sangat bergengsi ini.
SAT yang dilaksanakan hari sabtu kemarin  terdiri atas beberapa sesi acara yaitu sesi yang pertama mengenai bincang-bincang ekonomi islam yang diisi oleh Bpk. Rukmana,SE,MM,M.Ag.,  Direktur Operasional Bank BJB Syariah kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan tiga penanya yang berhasil membawa pulang hadiah. Dilanjutkan dengan sesi pengenalan UKM SCIEmics yang dibawakan oleh Chairman of SCIEmics itu sendiri, Kang Helmy Cahya Muhammad yang terdiri dari pemutaran video disertai penjelasan  dan tanya jawab. Perhatian semua peserta tertuju pada video dan penjelasan tentang SCIEmics. Ini membuktikan bahwa SCIEmics memberikan pesona dan daya tarik tersendiri yang membuat peserta begitu terhanyut dengan penampilan SCIEmics sendiri.
Sebelum diteruskan ke sesi selanjutnya, peserta pun diberikan waktu sekitar satu jam untuk ISHOMA dan dianjurkan kembali untuk mengikuti acara setelahnya. Sebelum masuk ke sesi kedua, acara diisi terlebih dahulu dengan hiburan dari grup nasyid Al-Mimtaz. Semangat para peserta pun muncul kembali dan meraka terlihat sangat terhibur. Meskipun hari sudah semakin siang dan beberapa peserta sudah ada yang pulang terlebih dahulu tetapi ini tak menyurutkan semangat para peserta yang masih antusias untuk mengikuti rangkaian acara hingga akhir.


Sesi kedua pun dimulai. Sesi ini diisi dengan talkshow siswa dan mahasiswa berprestasi dengan sederet nama-nama yang luar biasa, yaitu Amilia Agustin yang biasa disebut “Ratu Sampah”, kang Haris Rachman “Pengusaha Bisnis Syariah”, kang Ali Mahfud “Presiden BEM REMA UPI 2011”, teh Sri Wahyuni “Mapres UPI 2012”, Ade Suyitno “DEPNAS Riset FoSSEI 2012 dan Penerima 15 Penghargaan Karya Ilmiah”. Dengan dimoderatori oleh kang Aris Rizal Gozali, mantan Chairman SCIEmics dan sebagai Dewan Syariah SCIEmics periode 2012, suasana pun semakin seru dan menegangkan terutama ketika para pemateri berbicara kepada para peserta tentang pengalaman dan prestasi-prestasi yang telah mereka raih.
Dengan menghadirkan beberapa pemateri yang  luar biasa hebatnya, SCIEmics bisa membuktikan bahwa SCIEmics tidak main-main dalam mengadakan acara SAT yang bergengsi ini, apalagi salah dua dari kelima pemateri sendiri yaitu kang Haris Rachman dan kang Ade Suyitno merupakan anggota SCIEmics sendiri dan pengurus SCIEmics pada tahun 2011.
Acara pun berakhir dengan sangat meriah karena di akhir acara panitia menyediakan doorprice yang telah dijanjikan, dan lima hadiah pun berhasil diberikan kepada kelima peserta yang beruntung mendapatkan doorprice.
Untuk lebih mengetahui kemeriahan dan serunya acara dibawah ini beberapa tanggapan dan komentar dari beberapa peserta yang mengikuti acara SAT dari awal hingga akhir acara.
“Acara SAT 2012 kemarin alhamdulillah sukses walaupun banyak kendala tapi dalam acaranya kita sukses memperkenalkan perbankan syariah dan motivasi dari para pemateri talk show yang benar-benar luar biasa. Harapan adanya SAT kemarin yaitu SCIEmics bisa eksis di mata UPI sendiri dan umum dalam mensyiarkan ekonomi islam dan bisa terus membuat acara-acara seminar yang berkonsep anak muda selamanya dengan pemateri yang gak ngebosenin.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar