Pages

Sabtu, 20 April 2013

Berbahagia Bersama Gerakan Menulis 1000 Proposal PKM Dikti

Laporan Ade Suyitno dan Andri Yunardi

Banyak gagasan dan ide mahasiswa UPI yang inovatif, tetapi kurang mempunyai motivasi menulis secara ilmiah. Itulah sebabnya, diperlukan Gerakan Bahagia Menulis 1000 Proposal. Gerakan ini menginisiasi untuk menjadi pendamping di bidang kepenulisan, khususnya Program Kreativitas Mahasiswa  yang setiap tahun diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Gerakan ini juga bertujuan untuk mengangkat nama UPI dalam bidang kepenulisan, agar tercipta budaya inovasi dan juga berprestasi di pentas ilmiah mahasiswa tertinggi di  nasional yaitu Pimnas.

Sebuah gerakan yang digagas mahasiswa UPI yang tercetus secara spontan setelah diadakannya acara “Berbagi Inspirasi Pimnas 2012” yang diadakan oleh UKM Leppim UPI dengan mengundang peserta Pimnas 2012 tim PKM UPI yaitu tim PKM-M “Rumah Produktif” di Gedung FPTK UPI Lantai 4, Jln. Dr Setiabudhi No. 229 Bandung.

PKM adalah singkatan dari Program Kreativitas Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Ditjen Dikti Kemdikbud guna memberi ruang untuk para mahasiswa menunjukkan kreativitasnya. PKM merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Ditjen Dikti dalam meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.

Jenis PKM yang biasa dilaksanakan setiap tahun yaitu: PKM Penelitian (PKM-P); PKM Kewirausahaan (PKM-K); PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-M); PKM Teknologi (PKM-T); PKM Karya Cipta (PKM-KC); PKM Gagasan tertulis (PKM-GT)
PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI).

Gerakan Bahagia Menulis 1000 Proposal PKM Untuk UPI Juara Pimnas 2013  ini sudah berjalan aktif melalui jejaring sosial Facebook mulai dari 18 Juli dengan nama akun group “Gerakan 1000 PKM UPI”. Baru berjalan 3 hari sudah tergabung sekitar 450 mahasiswa UPI yang akan bergerak dan aktif bersama-sama menuju Pimnas 2013. Ke depan, gerakan ini akan bersinergi dengan organisasi, UKM dan komunitas mahasiswa yang sevisi dalam bidang keilmiaham yaitu UKM Leppim, BEM Rema UPI, UPI Creative Community, FPEB Bright Community dan masih banyak lagi organisasi dan komunitas lainnya untuk mengadakan pelatihan, diskusi, dan aplikasi bersama-sama membuat PKM yang akan dikirimkan untuk Pimnas 2013.

Usaha menuju 1000 karya PKM ini pastilah tidak mudah. Oleh karena itu, strategi yang di lakukan adalah Pertama, melakukan sinergi dengan program Dirmawa dalam menstimulus mahasiswa penerima beasiswa dan seluruh civitas akademika UPI untuk menulis PKM. Kedua, melakukan konsolidasi dengan organisasi, UKM dan komunitas menulis serta penelitian di UPI. Ketiga, melakukan program bersama dalam sosialisasi, pelatihan, pendampingan penulisan PKM sampai dengan Monev PKM.  Gerakan Bahagia Menulis 1000 Proposal PKM Untuk UPI Juara PIMNAS 2013  ini tidak lain bertujuan positif dalam menstimulus menulis ilmiah, penelitian dan budaya berprestasi pada mahasiswa. Semoga dengan gerakan yang terintegrasi dan upaya yang keras serta ikhlas tujuan luhur gerakan ini bisa tercapai. Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar