Pages

Sabtu, 20 April 2013

UKM Sciemics Juara Harapan 2 Nasional dalam LKTI Temu Ilmiah Nasional Riau



Bandung, UPIUnit Kegiatan Mahasiswa Study Community of Islamic Economics Universitas Pendidikan Indonesia (UKM SCIEmics UPI)  telah  mengikuti olimpiade dan ekonomi Islam dalam rangkaian acara Temu Ilmiah Nasional Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (Temilnas FoSSEI XI) Kamis s.d. Minggu (15-18/3/2012). Temu Ilmiah Nasional ke-11 ini diselenggarakan oleh kampus Universitas Negeri Islam Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau) yang bertemakan “Indonesia Bersama Ekonomi Islam.”

UKM SCIEmics UPI mengirimkan seorang finalis LKTI Nasional yaitu Ade Suyitno Pendidikan Ekonomi ‘09 dan dua tim terbaiknya untuk mengikuti “Olimpiade Ekonomi Islam Nasional” yang masing-masing tim terdiri atas tiga orang untuk bersaing dengan  kampus se-Indonesia. Tim A adalah Helmy Cahya Muhammad Manajemen ’10 (ketua UKM SCIEmics), Kumita Ary Fhusfa Akuntansi ’10, Irni Inayah Rahman Akuntansi’11, Kemudia Tim B adalah Hilmi Mu’tashim Pend. Akuntansi’10, Dewi Kurnianingsih Pend. Akuntansi’10, Risa Imroatus Sholihah Pend. Manajemen Bisnis, official team  Aris Rizal Gozali Manajemen’09 dan dosen pembimbing Fuad Adman M.Pd.

Pada Temilnas FoSSEI kali ini UKM SCIEmics menampilkan performa terbaiknya dan mendapatkan hasil Juara Harapan 2 LKTI Nasional dari 60 Universitas Se-Indonesia yang ada dalam persaingan ketat TEMILNAS ini. Hasil ini diraih oleh Ade Suyitno dengan mengangkat karya “Implementasi Sarjana Ekonomi Islam dalam Pengembangan Industri Kreatif Berbasis Local Wisdom dan Islamic Economic Value” yang di presentasikan di hadapan 350 peserta temilnas dan peserta International Conference Islamic Economic di Islami Center UIN Suska Riau.
Hasil berikutnya adalah dari tim A dan tim B SCIEmics dalam olimpiade ekonomi Islam Nasional. Tim A menduduki peringkat 31 dari 88 tim peserta lomba Se-Indonesia dan tim B menduduki 36. Pencapaian ini didapat dari hasil kerja keras selama 3 bulan di latihan intensif walaupun hasilnya belum optimal tapi ini suatu progres yang luar biasa karena mengingat event bergengsi ini diikuti juga oleh universitas favorit lainnya se-Indinesia yaitu menghadapi Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI), di antaranya Islamic Studies Economic Group (ISEG Unpad), Study and Research of Islamic Economics and Business (Shine UI), Islamic Economic Forum (IsEF SEBI), dan Sharia Economic Forum (SEF UGM). Pada tahun 2007 prestasi perdana pernah dicapai oleh tim SCIEmics UPI dalam event Temilnas ini yaitu 7 besar nasional dan masuk dalam semi final yang diwakili oleh kang Egi Arvian dan Tim.

Selain mengikuti olimpiade dan final karya tulis ilmiah, SCIEmics juga mempresentasikan dirinya di depan seluruh peserta Temilnas tentang penyelenggaraan Musyawarah Nasional FoSSEI X yang akan diselenggarakan Juli 2012 di UKM SCIEmics yang bertempat di  Kampus Bumi Siliwangi Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Menurut Adman, sebagai pembina UKM saat di temui dalam evaluasi Temilnas di al-Furqan UPI “Prestasi ini adalah pencapaian bersama dan hasil kerja keras walaupun belum optimal tetapi yakin tahun ke depannya akan lebih baik lagi karena pencapaian dan pengalaman dalam event tahun  ini adalh modal untuk melangkah kedepan ”.Dengan izin Allah SWT serta doa dari seluruh Civitas Akademika Universitas Pendidikan Indonesia, diharapkan UKM SCIEmics dapat meraih hasil yang terbaik dalam Temilnas berikutnya dan Penyelengaraan MUNAS 2012, Amin. (Humas UPI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar