Pages

Sabtu, 20 April 2013

Rektor UPI Memberi Penghargaan bagi Mahasiswa dan UKM Berprestasi



Unit Kerja Bidang Kemahasiswaan dan Kemitraan Universitas Pendidikan Indonesia menggelar “Silahturahmi Ramadhan” di Gedung Balai Pertemuan UPI, Kamis (9/8/2011). Hadir dalam pertemuan yang dihadiri 400 orang ini, Pembantu Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan dari berbagai Fakultas yang ada di UPI, DPM, BEM Rema dan perwakilan 67 UKM yang ada di UPI.

Prof. Dr. H. Sunaryo Kartadinata, M.Pd., Rektor UPI dalam kesempatan tersebut memaparkan, “Universitas akan memfasilitasi kegiatan kompetitif yang menjadi kegiatan rutin di universitas ini.  Dalam konteks kreatif, kemampuan berdaya saing tidak dapat dielakkan.  Apalagi bila kita melihat trend kian hari semakin menuntut inovasi, dan kreatifitas tentunya akan mengefesiensikan pekerjaan.  Sudah menjadi tuntutan saat ini bahwa semua sumber daya manusia memiliki kinerja yang tinggi, dengan memiliki kemampuan tingkat tinggi dengan meninggalkan kegiatan rutin dan administrasi.”

Ia memaparkan bahwa prestasi dalam bidang non kependidikan mahasiswa harus sejalan dengan prestasi akademiknya.  Peluang untuk berprestasi terbuka, namun kompetisi ini harus sinergis dan paralel dengan akademik baik dari bidang olah raga, seni.  Karena pengalaman akademik akan mewarnai, memperhalus serta menyatu dengan pengalaman mahaiswa dalam berprestasi di bidang akademik dan non akademik.

Hiruk pikuk dalam bangsa ini membuat kita sebagai insan intelektual harus mampu menunjukkan arah perkembangan sebagai kekuatan moral bagi semua bangsa yang berkarakter.  Pendidikan karakter bukan hanya sebatas tata karma, namun nilai akademik pun tak dapat dipisahkan.  UKM dan organisasi mahasiswa yang ada harus mengikuti aturan direktorat kemahasiswaan UPI, agar dalam aktivitasnya dapat bermanfaat dan maslahat bagi publik.

“Apresiasi dan penghargaan yang tinggi diberikan kepada UKM dan BEM Rema UPI yang sudah berprestasi.  Kepada kedua jenis organisasi ini diharapkan dapat menciptakan dan membantu kenyamanan dan ketertiban saat registrasi penerimaan mahasiswa baru,” kata Prof. Sunaryo.
Kita patut berbangga hati karena UPI memiliki jumlah peminat yang tinggi, terlihat dari jumlah pelamar bidik misi yaitu 7.000 orang.  Maka sudah sepatutnya kita kawal mereka dengan memberi teladan yang baik , agar mereka secara optimal dapat memasuki era baru sebagai mahasiswa di Kampus Bumi Siliwangi ini.
“Saya pun memberi apresiasi kepada unit kerja dan para inisiator program kemahasiswaan yang telah membuat regulasi untuk meningkatkan multi intelegensi sebagai warga Negara yang baik dalam menciptakan ketertiban dan kenyamanan kampus,” ujar Rektor.

Rektor UPI didampingi Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum. Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kemitraan, serta Dr. Syahidin M.Pd. Direktur Kemahasiswaan kemudian memberikan penghargaan kepada mahasiswa dan UKM yang berprestasi Mereka yang tampil adalah:
  1. Tim UKM Kompor sebagai Juara 2 Lomba Kontes Robot Cerdas Indonesia Tingkat Nasional di ITB
  2. Tim UKM Koperasi sebagai Koperasi Terbaik Se-Indonesia Bidang Pendidikan
  3. Tim UKM Kompetitif Ecoshell sebagai Peringkat 8 Kejuaraan Internasional Ecoshell di Malaysia.
  4. Tim UKM Sepakbola sebagai Juara I Liga Pendidikan Sepak Bola Tingkat Jawa Barat
  5. Ence Surahman mahasiswa Teknologi Pendidikan FIP sebagai Peringkat Terbaik Indonesian Young Islamic Leader (IYIL) ITB yang diikuti Perguruan Tinggi di Indonesia.
  6. Ade Suyitno mahasiswa Pendidikan Ekonomi FPEB sebagai Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah Jawa Barat  “Jabar Cooperative Young Entrepreuneur”.
Setelah acara penyerahan piala dan piagam penghargaan kemudian dilakukan taushiah oleh Dr. Syahidin, M.Pd.  Kemudian dilakukan acara buka bersama dengan penuh keakraban di antara para peserta.  Silaturahmi ini diharapkan dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan juga motivasi untuk berprestasi secara akademik maupun nonakademik dalam menunjang UPI sebagai universitas yang Leading dan Outstanding. (Dewi Turgarini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar