Pages

Sabtu, 20 April 2013

Kopma Bumi Siliwangi Raih Lima Penghargaan

 
Koperasi Mahasiswa Bumi Siliwangi (Kopma BS) UPI memperoleh penghargaan dari Kementerian Koperasi RI pada pemilihan koperasi berprestasi tingkat nasional tahun 2012. Penghargaan  tersebut diterima pada acara puncak peringatan Hari Koperasi ke-65 tingkat nasional tanggal 12 Juli 2012 di Palangkaraya.

Pada pemilihan koperasi berprestasi tersebut, Kopma BS UPI disejajarkan dengan koperasi umum.  Sebanyak 300 koperasi yang berasal dari seluruh pelosok tanah air, ikut bagian dalam pemilihan tersebut, baik koperasi umum maupun koperasi mahasiswa. Ada lima katagori penilaian dalam pemilihan koperasi berprestasi, yaitu katagori produksi, konsumsi, pemasaran, jasa, dan simpan pinjam. Kopma BS UPI terpilih sebagai Koperasi terbaik 1  tingkat nasional katagori pemasaran.

 

Penghargaan lainnya diperoleh pada acara Dekopin Award yang digelar 28 Juni 2012 di Hotel Syahid Jakarta, Kopma BS UPI dinobatkan sebagai  Koperasi Pemuda Berprestasi.

Kopma BS juga mengukir prestasi dalam mengikuti kompetisi dan lomba tentang perkoperasian di Jawa Barat. Pada Pemilihan Kopma berprestasi tingkat Jawa Barat tahun 2012, Kopma BS terpilih sebagai Kopma terbaik 1 (satu) dan berhak memperoleh uang pembinaan dari Dinas KUKM Jabar sebesar Rp 15 juta.

Dua penghargaan lainnya diperoleh melalui Lomba Karya Tulis Tentang Koperasi Tingkat Jawa Barat, yaitu sebagai juara 1 (satu) katagori mahasiswa atas nama Ade Suyitno dari Jurusan Pendidikan Ekonomi 2009 dengan judul ”Jabar Cooperative Young Entrepreneur (JB-CYE) Program, dan Juara 1 katagori Umum atas nama Iis Aisah dari Jurusan Pendidikan Ekomomi S2 UPI dengan judul tulisan  “Paradigma Konsep Balance Score Code Dalam Pembangunan Koperasi. Penghargaan tersebut diserahkan Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan pada puncak Peringatan HUT Koperasi tingkat Jabar tanggal 16 Juli 2012 di Indramayu.


Ketua Kopma BS, menyampaikan terima kasih kepada universitas, khususnya kepada PR Bidang Kemahasiswaan dan Kemitraan UPI yang telah memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan Kopma BS selama ini.
“Prestasi ini diperoleh melalui proses yang panjang dan melibatkan banyak pihak yang saling mendukung membesarkan nama Kopma BS. Diperolehnya beberapa penghargaan ini merupakan tantangan berat bagi kami, karena  selain harus dapat mununjukkan kinarja yang layak mendapat penghargaan sebagai Kopma terbaik, juga harus terus berupaya meminimalkan kelemahan yang ada,” ujar Angga Bhakti Kusuma.
 

Angga juga mengemukakan, Kopma BS UPI sekarang memiliki aset 1,9 miliar dan 13 jenis usaha yang dikelola sendiri dan mampu menggaji 7 orang karyawan. Bisa besar seperti ini karena Kopma BS memiliki sistem pembukuan yang tertib, sistem pengkaderan yang berjenjang dan berkesinambungan, serta semua jenis usaha dikelola sendiri. Sistem tersebut telah dijalankan cukup lama yang diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi berikutnya. Hal seperti itulah biasanya yang dinilai dalam pemilihan Kopma berprestasi. (Syahroni/DPK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar